Pertimbangkan untuk Punya Genset di Rumah? Ini Tips Memilihnya!

Jumat, 18 November 2022 | 15:00
Hartech

Genset dapat menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu.

iDEAOnline - Listrik merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat. Hal ini karena sebagian besar aktivitas memerlukan tenaga listrik.

Dii era digital seperti saat ini, listrik juga diperlukan untuk mengoperasikan sejumlah perangkat pendukung kehidupan. Misalnya, laptop untuk bekerja di rumah, perabot elektronik di dapur, televisi, ponsel, hingga modem internet.

Oleh sebab itu, pada saat listrik di area rumah padam, sebagian besar orang kelimpungan dan merasakan ketidaknyamanan.

Sebenarnya, ada satu solusi yang dapat membuat penghuni rumah tetap aman meski listrik padam. Anda bisa saja mempertimbangkan untuk membeli genset. Sebagai informasi, genset merupakan singkatan dari generator set.

Perangkat ini merupakan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan sehingga dapat menghasilkan tenaga listrik dengan besaran tertentu. Biasanya, genset digerakkan dengan tenaga solar.

Nah, mengingat genset bukanlah barang murah, Anda sebaiknya teliti saat ingin membeli genset untuk kepentingan rumah. Berikut tips untuk memilihnya.

1. Pilih genset dengan kapasitas di bawah 1000 Watt

Genset hanya akan digunakan sebagai cadangan pembangkit listrik di rumah. Genset juga hanya berguna saat listrik pada. Oleh karena itu, pilih genset dengan kapasitas watt yang rendah.

Sebagai gambaran, untuk keperluan rumah, genset dengan daya sebesar 800 watt sebenarnya sudah cukup. Kapasitas tersebut sudah cukup, bahkan untuk Anda yang pemakaian listriknya tinggi di rumah.

2. Pilih genset yang irit bahan bakar

Pemadaman listrik di area rumah terkadang tidak bisa dipastikan kapan akan berakhir. Terkadang, pemadaman listrik bisa berlangsung berhari-hari. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih genset yang konsumsi bahan bakarnya irit.

Jika genset boros, Anda akan merugi karena dalam pemakaian jangka panjang genset harus terus diisi bahan bakar. Selain itu, pastikan Anda melakukan servis rutin pada genset supaya usia pakainya lebih lama.

Hartech
Hartech

Untuk keperluan rumah tangga genset dengan kapasitas 800-1.000 watt sudah cukup.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Masih terkait kapasitas, genset dengan daya 800-1.000 watt memang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik, terutama untuk penerangan. Namun, jika Anda punya kebutuhan lain seperti menghidupkan lemari es dan menyalakan mesin cuci, pilih daya yang lebih besar.

Selain itu, pilih genset dengan ukuran yang sesuai dengan kapasitas rumah. Pasalnya, kebanyakan perangkat genset berbodi besar.

Untuk kebutuhan genset, Anda dapat mencarinya di Hartech. Hartech merupakan perusahaan manufaktur genset pertama dan terbesar di Indonesia yang menjual genset beserta spare part/suku cadang genset yang original dan lengkap dengan harga yang bersaing.

Tidak hanya menjual genset, Hartech juga melayani jasa penyewaan dan layanan purnajual berupa perawatan genset dengan jangkauan sampai ke seluruh wilayah Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh dengan mengakses official website Hartech di hartech.co.id.

Editor : Sheila Respati