Ketahui Hal-Hal Dasar Mengenai Pencahayaan di Kamar Mandi Berikut Ini!

Minggu, 20 November 2022 | 16:05
Beacon Lighting

Ilustrasi pencahayaan di kamar mandi

IDEAonline - Pencahayaan adalah elemen interior yang penting untuk ruang mana pun.

Selain karena kita memang membutuhkan cukup cahaya untuk beraktivitas, mereka juga merupakan tambahan dekoratif yang penting.

Di kamar mandi pun, tanpa terkecuali, pencahayaan memegang peran yang penting.

Sebab itu, kita memang harus menaruh cukup perhatian pada pencahayaan kamar mandi.

Dilansir dari decoist.com, berikut adalah beberapa hal dasar yang harus IDEA Lovers ketahui mengenai pencahayaan di kamar mandi.

Baca Juga: Dikasih Tau Jasa Pembersih, Ternyata Obat Kumur Miliki Manfaat Ajaib Buat Peralatan Rumah Jadi Kinclong Kembali, Apa Saja?

Bola lampu apa yang terbaik untuk kamar mandi?

Sebagai pedoman, bohlam berlabel "siang hari", yang umumnya memiliki suhu warna 5000 Kelvin hingga 6500 Kelvin, atau bohlam berlabel "putih dingin" atau "putih cerah", dengan suhu warna 3500 Kelvin hingga 4100 Kelvin, adalah yang terbaik untuk kamar mandi.

Apa pilihan pencahayaan terbaik untuk kamar mandi kecil?

Jika IDEA Lovers kekurangan ruang di kamar mandi, pertimbangkan pilihan seperti cermin LED, lemari obat dengan cermin menyala, lampu strip di bawah lemari, pencahayaan vertikal, flush mount, atau lampu tersembunyi.

Ini semua adalah pilihan pencahayaan yang sangat baik untuk kamar mandi kecil, terutama ketika ruang terbatas.

Berapa banyak lampu yang harus ada di kamar mandi?

Sebagai standar, kita menginginkan setidaknya satu watt lampu pijar untuk setiap 30 x 30 cm persegi ruang yang kita miliki di kamar mandi.

Namun, jika IDEA Lovers menggunakan pencahayaan tidak langsung, pencahayaan tersembunyi, atau kamar mandi IDEA Lovers berada di sisi gelap, IDEA Lovers akan ingin meningkatkannya setidaknya setengah, bahkan mungkin 100%.

Baca Juga: Apa Warna Terbaik di Kamar Tidur? Simak Pertanyaan Seputar Warna di Ruang Ini, Enggak Sangka Ini Warna yang Paling Menenangkan..

Apakah pencahayaan LED baik untuk kamar mandi?

Bola lampu LED dapat bertahan hingga 25.000 jam, yang secara signifikan lebih lama dari bola lampu standar.

Oleh karena itu, bohlam lampu LED adalah salah satu bohlam perlengkapan kamar mandi terbaik karena hemat energi dan kurang rentan terhadap panas berlebih.

Bisakah kita meletakkan lampu langit-langit di kamar mandi?

Selama kita mengikuti prosedur keselamatan yang benar dan memastikan kita memasang lampu di luar zona yang membutuhkan perlengkapan berperingkat IP, kita dapat menggunakan pencahayaan apa pun untuk membuat kamar mandi bergaya sesuka kita.

Seberapa jauh di atas cermin kamar mandi seharusnya lampu berada?

Tempatkan satu lampu di atas cermin sekitar 2 meter dari lantai untuk ketinggian yang ideal.

Bagian bawah perlengkapan atau naungan harus setidaknya 5 cm di atas tepi atas cermin.

Carilah perlengkapan yang sedikit lebih kecil dari lebar atau tinggi cermin untuk rasio visual yang ideal.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya