Penyebab Rumah Hadap Timur Lebih Mahal dan Laku, Ahli Feng Shui Blak-blakan Bongkar Rahasianya!

Rabu, 21 Desember 2022 | 10:50
Archgaily

Fasad mengolah penyunsunan material tak masif untuk alirkan udara dan cahaya alami.

IDEAonline-Dalam kepercayaan Cina, feng shui bisa mempengaruhi keberhasilan, kesuksesan, atau bahkan kegagalan seseorang.

Tak heran jika warga keturunan Tionghoa sangat mengandalkan feng shui dalam berbagai hal, terutama masalah keuangan dan keharmonisan.

Menurut feng shui rumah hadap timur lebih baik daripada hunian lainnya.

Apalagi, di pasaran rumah hadap timur biasanya ditawarkan dengan harga yang lebih mahal dibandingkan rumah arah lainnya.

Lantas apa penyebab rumah hadap timur lebih mahal? Apa kelebihannya?

Baca Juga: Bisa Healing Setiap Hari Tanpa Ribet dengan Ruang Makan Menghadap Taman, Dijamin Sejuk!

Baca Juga: Perhatian! Jangan Letakkan Kasur Menghadap Langsung ke Jendela, Sepele Tapi Bisa Ganggu Kesehatan bahkan Kesetiaan Pasangan

Penyebab Rumah Hadap Timur Lebih Mahal

Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya mengatakan salah satu kelebihan rumah menghadap timur yaitu memperoleh paparan cahaya matahari pada pagi hari.

Dengan cahaya alami tersebut tentu dapat memberi dampak positif terutama bagi kesehatan penghuni rumah.

"Jadi ada alasan logisnya mengapa rumah hadap timur itu bagus dan diincar banyak orang. Salah satunya karena mendapatkan paparan cahaya matahari pagi lebih banyak dibanding arah yang lain," kata Bambang.

Bambang menjelaskan rumah hadap timur juga dapat menghindari paparan cahaya terik matahari pada waktu siang.

Berbeda dengan rumah hadap barat yang justru akan terpapar cahaya panas matahari pada siang hingga sore hari.

"Sehingga biasanya rumah hadap barat ini memiliki penutup untuk menghindari panas matahari masuk ke dalam ruangan," jelasnya.

Dengan adanya paparan cahaya matahari pagi yang cukup, maka tanaman yang terdapat di teras rumah hadap timur biasanya akan tumbuh lebih subur dan sehat.

Secara estetika, tumbuhan yang terpapar cahaya matahari pagi tersebut akan jauh lebih indah.

Selain itu, dengan menghadap timur, cat rumah bagian depan juga akan cenderung lebih awet.

Meski demikian, Bambang mengatakan, arah hadap rumah tidak menjadi satu-satunya faktor penentu tingginya harga jual rumah.

Melainkan banyak faktor lainnya seperti lebar jalan di depannya, letak dan posisi rumah, dan seperti apa akses di sekitarnya.

Baca Juga: Pantas Hunian Masih Terasa Tak Nyaman, Jangan Lagi Gantung Cermin Rusak dan Menghadap ke Pintu, Hati-hati Berujung Malapetaka!

Baca Juga: 'Alhamdulilah' Tak Perlu Pakai Pesugihan, Coba Letakkan Ruang Tamu Menghadap ke Arah Ini Bikin Rejeki Makin Lapang

"Banyak faktor lainnya seperti lebar jalan di depannya, makin lebar makin mahal, lalu bentuk tanah kalau trapesium, apalagi segitiga pasti lebih murah," ucap dia.

Bambang mengaku Feng Shui mengenai arah hadap rumah biasanya banyak dipercaya oleh keturunan Tionghoa.

Dalam ilmu Feng Shui arah hadap rumah juga sering dikaitkan dengan waktu dan hari kelahiran seseorang.

"Feng Shui khususnya dipercaya oleh keturunan Tionghoa. Bahkan, tanggal kelahiran juga berpengaruh sama posisi hadap rumah yang cocok. Termasuk bukaan dan posisi ruang dalam bangunan, hingga furnitur pun sering diatur oleh Feng Shui," pungkasnya.

Sebagian artikel telah tayang di Kompas.comdengan judulTahukah Anda, Rumah Hadap Timur Dijual Lebih Mahal? Ini Jawabannya

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya