Penyebab Pintu Kayu Seret Saat Musim Hujan Tiba, Atasi Pintu Memuai dengan Trik Satu Ini

Kamis, 29 Desember 2022 | 05:00
Houzz

Penyebab Pintu Kayu Seret Saat Musim Hujan Tiba, Atasi Pintu Memuai dengan Trik Satu Ini

IDEAonline -Ada beberapa masalah kayu yang timbul pada saat kayu sudah terpasang sebagai kusen dan daun pintu/jendela,salahsatunya pintu mulai-susut.

Memang sudah lumrah bila kayu mengalami muai dan susut.

Keadaan seperti ini bisa mengakibatkan beberapamasalah, yaitu pintu menjadi seret, melintir, dan renggang pada sambungan.

Pintu seret sering kita jumpai padasaat musim hujan. Ini karena kayu padapintu memuai oleh sebab kandungan uapair semakin banyak.

Sedangkan apabilapintu sudah tidak dapat ditutup rapat, terbuka pada bagian atas atau bawahnya maka kayu pintu tersebut sudah melintir.

Baca Juga: Hendak Mengaplikasikan Dinding Kayu di Rumah? Home Owner Bisa Lihat Inspirasi Satu Ini!

Baca Juga: Penyebab Furnitur Kayu Solid Lebih Laku daripada Material Lain, Padahal Lebih Mahal!

Biasanya kayu yang melintir, bisamengakibatkan pintu menjadi seret juga.

Dok. Tabloid RUMAH

Penyebab Pintu Kayu Seret Saat Musim Hujan Tiba, Atasi Pintu Memuai dengan Trik Satu Ini

Masalah lain akibat muai-susut, berkaitan dengan konstruksi. Konstruksipintu yang terdiri dari banyak sambungankayu, bisa merenggang pada saat kayutersebut menyusut.

Selain kayu yang dipakai menyusut, renggang padasambungan bisa jugadisebabkan oleh lemdan teknik penempelanyang kurang baik.

Pintuyang renggang bisamengakibatkankekuatan pintu tersebutmenjadi berkurang.

Ada cara untukmengurangi muai-susutkayu.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengusir Rayap di Lemari Kayu? Siapa Sangka Tinggal Siapkan Sayuran Satu Ini, Engga Perlu Pakai Bahan Kimia Lagi

Baca Juga: Jamur di Furnitur Kayu Susah Hilang Walau Sudah Digosok Sampai Capek? Ternyata Cukup Siapkan Cairan Pemutih

“Catlah bagianbawah dan atas pintuyang berpori-pori, agaruap air tidak masuk kedalam kayu,” demikian yang dijelaskanChristina (PD Kayuraja Mandiri).

Namunbila masalah-masalah tersebut sudahterlanjur menimpa pintu IDEA lovers, tak adalagi yang bisa dilakukan untukmemperbaikinya, selain menggantinyadengan yang baru.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya