Tanaman Liar Ini Nyatanya Sanggup Kurangi Gula Darah, Jadi Solusi Diabetes Seperti yang Diderita Almarhum Rini S Bon Bon, Siapa Sangka Sering Tumbuh di Pekarangan!

Kamis, 12 Januari 2023 | 10:20
Intisari

Daun Krokot.

IDEAonline– Jagad komedian sempat berduka, atas meninggalnya salah satu komedian senior,Rini S Bon Bon, pada hari Minggu (10/7/2022).

Dilansir dari Tribun, Rini S Bon Bon adalah pelawak yang wara-wiri di dunia televisi Indonesia pada era 90-an. Bukan bidang komedi, pemilik nama lengkap Irni Yusnita ini justru mengawali karier di dunia teater.

Dalam sebuah dokumentasi 2013, Rini menceritakan perjalanan kariernya menjadi seorang komedian. Saat itu, Rini memiliki tubuh besar dengan berat 105 kilogram. Inilah, menurut Rini, yang kemungkinan dianggap lucu oleh orang-orang.

"Orang karena melihat saya ini dengan kelucuan, mungkin dulu badan saya teramat besar sampai 105 kilo," tutur Rini.

"Jadi orang menganggap saya adalah seorang komedian, tapi pada dasarnya saya basic-nya adalah seorang teater," imbuh dia.

Mengidap Diabetes Mellitus Tipe 2

British Safety Council

Mengidap Diabetes Mellitus Tipe 2

Baca Juga: Pantas Bisa Lepas Obat Dokter, Ternyata Ada Cara Turunkan Gula Darah dengan Modal Makan Jeruk, Apalagi Nih?

Baca Juga: Hasilnya Pasti Bikin Pangling, Sejak Mertua Minum Air Rebusan Nangka, Penyakit yang Susah Disembuhkan Akhirnya Lenyap Tak Bersisa

Namun, dengan diketahuinya penyakitdiabetes mellitus tipe 2yang diidapnya, ia sampai harus kehilangan berat badan hingga 30 kilogram.

Rupanya, penyakit yang dideritanya itu genetik dari sang ayah, Suhandi Hasan.

Rini S Bon Bon pernah mengungkapkan perjuangannya melawan penyakti diabetes mellitus tipe dua dalam sebuah program acara Cerita Hati Kompas TV dengan tajuk ‘Pengalaman Sakit Rini S Bon Bon’.

Penyakit yang dideritanya itu bahkan sampai membuatnya tak berdaya hingga nyaris tidak mampu melaksanakan salat 5 waktu.

Tetapi dia berusaha untuk terus melawan penyakitnya, dan terus meyakinkan dirinya untuk tetap bisa melaksanakan salat.

Namun, penyakit tersebut nyaris membuat Rini S Bon Bon kehilangan kakinya karena peniti.

Bagaimana bisa?

Pada mulanya dia membeli sepatu baru untuk keperluan syuting, namun ternyata terlalu sempit membuat ibu jari kaki kanan lecet, dan lecet itu lama kelamaan membentuk luka melenting.

Penasaran dengan lukanya yang melenting itu, dia memecahkan gelembung luka dengan peniti.

Bukannya mengering dan sembuh, luka tersebut malahan semakin parah, bahkan mengeluarkan nanah dan bau tidak sedap.

Luka pada penderita diabetes tipe 2 memang sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga: Bisa Selamat dari Penyakit Berbahaya Ini, Ibu-ibu Coba Minum Air Rebusan 5 Lembar Daun Alpukat, Lalu Lihat Hasilnya!

Baca Juga: Nyesel Baru Tau, Rutin Minum Air Garam Saat Perut Kosong Dapat Sembuhkan Penyakit Mengerikan Ini

Berkaca pada pengalamanRini S Bon Bon, Anda bisa mengelola tubuh bila mengetahui mengidap penyakitdiabetes mellitus (DM) tipe 2.

Penyakit DM masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang, jika tidak ditangani dengan serius dan benar, bisa sangat berbahaya bahkan berujung kematian.

DM tipe 2 memang tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol dengan pengelolaan tubuh, mulai dari mengubah gaya hidup hingga pengaturan makanan.

Meskipun banyak obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengurangi gula darah dalam tubuh yang melonjak, Anda bisa mencoba bahan alami untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Salah satunya adalah tanaman yang dianggap liar ini, yaitudaun krokot.

Jangan salah, meski dianggap sebagai tanaman liar, ternyata daun krokot bisa dijadikan obat alami diabetes.

Dalam bukuTanaman Obat Jus untuk Asam Urat dan Rematik, seperti dikutip darikontan.co.id, krokot mengandung tanin, saponin, vitamin A, B, dan C.

Kandungan dalam krokot itu yang bermanfaat sebagai tanaman obat alami bagi penyandang diabetes.

Krokot merupakan tanaman liar yang memiliki bentuk daun bulat telur dengan ujung pangkal tumpul.

Lalu, bagaimana cara menggukannya?

Anda hanya perlu menyiapkan setidaknya 120 gram daun krokot segar.

Begini cara membuat ramuan daun krokot untuk pengobatan diabetes:

-Cuci krokot sampai bersih lalu rebus dengan air bersih

-Rebus krokot hanya sebentar saja, jangan sampai layu

-Lalu, krokot yang sudah direbus, ditumbuk sampai halus, diperas, dan disaring.

-Agar mendapatkan manfaatnya, minumlah ekstrak krokot secara sekaligus.

Selain menggunakan daun krokot sebagai pengobatan alami, penyandang diabetes tetap disarankan agar menjalankan pola hidup sehat dan menghindari makanan serta minuman yang memicu naiknya gula darah.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya