Cara Mudah Taruh Tanaman di Setiap Ruangan di Rumah

Sabtu, 14 Januari 2023 | 14:05
Pinterest

Ilustrasi tanaman dalam ruangan

IDEAonline - IDEA Lovers pasti sudah tahu ‘kan manfaat tanaman di rumah?

Nah, nyatanya meletakkan tanaman di seluruh ruangan di rumah punya banyak manfaat, lho.

Artikel yang dilansir dari architectureartdesigns.com berikut akan membagikan tips untuk meletakkan tanaman di setiap ruangan di rumah dan membuatnya lebih “hijau”!

Baca Juga: Manfaatkan Ruang Semaksimal Mungkin dengan Meja Kerja dengan Rak Buku!

Aksen untuk Ruang Tamu

Dekorasi tidak hanya dapat membuat pernyataan di ruangan yang menyambut tamu, tetapi tanaman juga dapat memiliki efek yang sama.

Ruang tamu biasanya merupakan ruang tempat kita menghabiskan sebagian besar hari kita dan menyambut keluarga dan teman saat berkunjung.

IDEA Lovers tentunya ingin mendesain area yang mengundang di mana semua orang merasa nyaman, tetapi juga ruangan yang memamerkan gaya dan kepribadian IDEA Lovers.

Jika IDEA Lovers ingin menciptakan ruang yang menyenangkan dan penuh warna untuk menjamu tamu, bawalah sukulen, kaktus, begonia, atau philodendron ke dalam ruang tamu.

Namun, sebelum berbelanja tanaman, evaluasi kondisi ruangan dan kenali jenis paparan sinar matahari yang dimiliki ruangan.

Kaktus dan sukulen lebih menyukai cahaya terang, tetapi perawatan dan pemeliharaan minimal karena membutuhkan air sekali dalam beberapa minggu.

Begonia dan tanaman pohon karet, sebaliknya, lebih menyukai cahaya redup dan penyiraman mingguan.

Baca Juga: Dapur Bisa Menjadi Penyebab Utama Biaya Listrik Melonjak! Begini Cara Mengatasinya

Sentuhan Hijau untuk Dapur

Dapur cenderung lembap, dengan sedikit ruang untuk dekorasi, jadi tanaman gantung adalah pilihan yang optimal.

Kita tidak ingin menempati bagian atas meja dengan tanaman karena kita membutuhkan ruang untuk menyebarkan bahan dan peralatan saat memasak.

Namun, beberapa tanaman pot yang digantung di atas lemari atau di ambang jendela sangat bagus, terutama jika IDEA Lovers memilih tanaman herbal yang juga dapat digunakan untuk membumbui makanan.

Jika IDEA Lovers menginginkan sesuatu untuk meningkatkan dekorasi ruangan, gunakan pothos karena membutuhkan cahaya tidak langsung dan mudah dirawat.

Jika menginginkan sesuatu yang bermanfaat, carilah tanaman herbal, tetapi perlu diingat bahwa sebagian besar membutuhkan sinar matahari penuh.

Penguat Relaksasi untuk Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat perlindungan kita, dan tanaman yang kita gunakan sebagai dekorasi harus memungkinkan kita menciptakan suasana yang damai.

Tumbuhan terkenal karena pengaruhnya terhadap suasana hati.

Menghabiskan waktu di alam biasanya menghilangkan kecemasan dan stres, dan membawa alam ke dalam melalui tumbuhan dapat memiliki efek yang sama.

Selain itu, tanaman juga menyaring racun dan meningkatkan kualitas dalam ruangan, meningkatkan kenyamanan kamar tidur.

Namun, hanya karena tanaman tersebut memiliki banyak manfaat, bukan berarti kita harus berlebihan dengan jumlah pot yang kita bawa masuk.

Maksimal dua tanaman cukup untuk kamar tidur.

Tanaman laba-laba dan tanaman ular adalah yang paling populer untuk ruangan ini.

Untuk sentuhan gaya ekstra, pastikan untuk membeli beberapa pot yang sesuai dengan desain rumah IDEA Lovers.

Baca Juga: Jangan Letakkan Banyak Barang di Pintu Masuk, Ini Penyebab Rejeki Mengalir Deras Karena 5 Unsur Feng Shui

Tanaman yang Menarik untuk Ruang Makan

Untuk ruang makan, kita bisa menggunakan jenis tanaman yang sama dengan yang kita bawa ke ruang tamu karena ruang ini juga tempat kita menyambut teman dan keluarga dan memiliki suasana yang sama dengan ruang tamu.

Namun, kita dapat menggunakan tanaman untuk menciptakan tempat yang menarik dengan memadukan berbagai jenis.

Begonia dan pohon karet akan terlihat serasi jika ruangan memungkinkan kita membawa dua pot ke dalamnya.

Saat memilih tanaman untuk ruang makan, carilah spesies yang menarik perhatian karena dekorasi ruangan ini biasanya buruk.

Sesuatu yang Tropis untuk Kamar Mandi

Kondisi di kamar mandi sangat berbeda dengan ruangan lain di rumah karena biasanya merupakan area yang lembap, dengan sedikit cahaya dan area.

Tanaman tropis paling cocok untuk kamar mandi karena mereka lebih menyukai lingkungan yang mirip dengannya, yaitu suhu hangat, cahaya redup, dan kelembapan tinggi.

Saat memilih tanaman hias, pertimbangkan terlebih dahulu kondisi ruangan tempat IDEA Lovers ingin meletakkannya karena IDEA Lovers ingin ruang tersebut tetap sehat dan bahagia.

Pothos dan philodendron lebih menyukai cahaya tidak langsung, kelembapan teratur, dan penyiraman yang sering.

Tanaman udara membutuhkan spritzing setiap hari, cahaya sedang, sinar matahari tidak langsung, dan kelembapan tinggi, sehingga kamar mandi ideal untuk mereka.

Baca Juga: Mengenal Warna Violet Dalam Interior yang Miliki Arti Mendalam dan Cara Mengaplikasikan di Ruangan

Penguat Kreativitas di Kantor

Ini adalah ruangan tempat kita menghabiskan setidaknya 8 jam setiap hari jika kita bekerja dari rumah, jadi kita harus memilih tanaman yang nyaman untuk kita tatap dalam waktu lama saat mencari inspirasi.

Jika IDEA Lovers adalah individu yang percaya takhayul, IDDEA Lovers mungkin ingin memilih tanaman batu giok karena dianggap membawa keberuntungan.

IDEA Lovers mungkin pemula dalam menanam tanaman, tetapi IDEA Lovers tidak harus membunuh teman hijau IDEA Lovers karena kurangnya pengetahuan dan pengalaman.

Pelajari cara mengidentifikasi lingkungan yang ideal untuk setiap ruangan dan luangkan banyak waktu saat berbelanja.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya