Pilih Tempat Tinggal Berdasarkan Bangunan dan Arsitektur, Ini Alasannya!

Jumat, 20 Januari 2023 | 19:05
Pinterest

Ternyata Bangunan dan Arsitektur Tempat Kita Tinggal Juga Sama Pentingnya dengan Interiornya, lho! Ini Alasannya!

IDEAonline - Apakah dalam waktu dekat IDEA Lovers akan merantau dan meninggalkan rumah orang tua IDEA Lovers?

Jika ya, mungkin IDEA Lovers sedang mempertimbangkan beberapa apartemen atau kost untuk IDEA Lovers tinggali.

Nah, tahukah IDEA Lovers bahwa di luar interior kamar itu sendiri, arsitektur dan bangunan tempat IDEA Lovers tinggal juga sama pentingnya?

Artikel yang dilansir dari architectureartdesigns.com berikut akan membuat IDEA Lovers mempertimbangkan kembali pilihan tempat tinggal IDEA Lovers berdasarkan bangunan dan arsitekturnya.

Baca Juga: Tips Bikin Headboard Kamar Tidur Jadi Tampil Lebih Menarik

Desain dan Struktur Bangunan Memengaruhi Mood

Ini adalah fakta yang terbukti, struktur tempat tinggal kita memengaruhi suasana hati kita, yang kemudian memengaruhi cara kita memandang kehidupan dan bagaimana kita mengalami semua hal yang kita lakukan di dalam gedung itu.

Penelitian telah menunjukkan, sebuah bangunan yang tidak memungkinkan banyak cahaya alami menembus interiornya dapat menyebabkan orang-orang yang harus menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam gedung tersebut menjadi depresi dan marah.

Kurangnya akses pencahayaan alami dapat membuat kita ingin tidur sepanjang hari daripada belajar, bekerja, atau bersenang-senang.

Namun, sebuah bangunan yang membiarkan banyak sinar matahari masuk dapat membantu kita menyambut setiap hari dengan semangat dan optimisme.

Kemudian, sebuah struktur bangunan yang memfasilitasi interaksi kelompok dengan ruang komunal mendorong hubungan sosial, sedangkan bangunan yang membagi setiap orang dalam kotak kecil mereka sendiri akan tampak tidak bersahabat dan tidak ramah.

Baca Juga: 4 Cara Mudah Tampilkan Warna Hijau Sage di Ruang Tamu

Arsitektur Dapat Mempromosikan Keberlanjutan

Kita tidak bisa terus hidup seperti tidak ada hari esok, terutama dalam cara kita menggunakan sumber daya.

Kita perlu melindungi sumber daya kita untuk generasi yang datang setelah kita.

Di masa lalu, sangat sedikit perhatian yang diberikan pada bagaimana sebuah bangunan berinteraksi dengan lingkungan atau jejak yang ditinggalkannya.

Kini banyak orang sudah sadar bahwa kita adalah penjaga lingkungan kita dan kita memiliki kesempatan untuk membuat perbedaan dalam cara kita memengaruhi lingkungan kita.

Caranya adalah dengan memilih rumah yang telah dirancang dengan hati-hati untuk mempromosikan keberlanjutan.

Misalnya, memilih bangunan yang hemat energi akan mengurangi penggunaan listrik, yang tidak hanya menghemat uang kita, tetapi juga menurunkan ketergantungan kita pada bahan bakar fosil yang terbatas.

Tinggal di gedung yang mencakup bisnis komersial berarti kita tidak perlu menggunakan transportasi untuk berbelanja atau mendapatkan banyak layanan yang kita butuhkan karena mereka berada tepat di tempat kita tinggal.

Hal ini mengurangi polusi udara dan suara serta meningkatkan efisiensi penggunaan ruang dalam suatu struktur.

Baca Juga: 5 Ide Warna Hijau Sage di Dapur Agar Terang dan Estetik

Arsitektur dan Desain adalah Seni Publik

Arsitektur dan desain, bila dirancang dengan baik, memberi setiap orang kesempatan untuk menikmati karya seni gratis setiap kali mereka lewat atau masuk ke dalam struktur.

Seni adalah kontributor utama untuk kehidupan yang menyeluruh dan ketika kita benar-benar hidup dalam sebuah karya seni, kita pasti merasa lebih puas dalam kehidupan sehari-hari kita.

Ini seperti pergi ke museum setiap hari dan menghargai keindahan dalam hal-hal sehari-hari.

Nah, sebelumnya IDEA Lovers mungkin tergoda untuk memilih tempat tinggal yang sudah lama berdiri saat pertama kali pindah dari rumah orang tua IDEA Lovers.

Namun, jika kita meluangkan waktu untuk mempertimbangkan keseluruhan desain tempat yang kita pertimbangkan untuk tinggali, kita akan menjadi lebih puas dengan pengaturan hidup kita dalam jangka panjang.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya