Berikut Ide Renovasi untuk Rumah Jangka Panjang IDEA Lovers!

Rabu, 08 Februari 2023 | 13:30
Pinterest

Ilustrasi renovasi rumah

IDEAonline - Apakah IDEA Lovers berencana untuk tinggal di rumah IDEA Lovers sekarang untuk waktu yang lama atau bahkan selamanya?

Maka, IDEA Lovers mungkin harus melakukan renovasi agar tempat tinggal IDEA Lovers cocok untuk menjadi rumah IDEA Lovers “selamanya”.

Berikut beberapa ide renovasi yang bisa IDEA Lovers terapkan untuk membuat rumah jangka panjang, dilansir dari architectureartdesigns.com.

Baca Juga: 5 Langkah Mencegah Kebocoran AC di Rumah

Sesuai Kebutuhan, Mengubah Desain Juga Harus

Banyak pemilik rumah memiliki satu anak atau lebih, tetapi sekarang setelah anak-anak tersebut pindah, mereka mendapati diri mereka memiliki lebih banyak ruang daripada sebelumnya.

Renovasi harus berupaya memanfaatkan dan memaksimalkan kemungkinan yang ditimbulkan oleh ruang baru dan salah satu caranya adalah dengan membuka ruang.

Jika sebelumnya IDEA Lovers memiliki dua ruangan kecil, IDEA Lovers dapat mempertimbangkan untuk menghilangkan dinding di antara keduanya dan membuatnya menjadi satu ruangan besar yang kemudian dipecah menjadi beberapa zona.

Memasang pintu saku adalah cara lain untuk membagi ruang yang lebih besar dengan lebih baik dan membuatnya lebih fungsional.

Rumah yang ingin kita tinggali selamanya harus fungsional dan praktis serta cantik, jadi pertimbangkan kebutuhan gaya hidup dan usia IDEA Lovers.

Banyak orang selama usia paruh baya atau usia pensiun membutuhkan pintu masuk yang lebih mudah diakses atau mereka membutuhkan lemari yang lebih besar untuk memperhitungkan berbagai jenis alat atau perlengkapan, jadi selalu gabungkan kebutuhan tersebut ke dalam desain renovasi IDEA Lovers.

Berikan perubahan pada dapur juga; banyak orang menginginkan desain yang lebih praktis, modern, dan mudah diakses untuk memudahkan mengatur gaya hidup yang sibuk.

Ruang Terbuka Adalah Jalannya

Rumah dengan denah ruang terbuka selalu menjadi tren selama beberapa dekade terakhir karena sangat indah, menawarkan banyak kemungkinan untuk dekorasi dan dapat dibuat menjadi zona fungsional dengan beberapa perencanaan yang cerdas.

Jika IDEA Lovers merombak rumah kecil IDEA Lovers untuk ditinggali selamanya, pertimbangkan untuk merobohkan beberapa dinding atau ceruk untuk meniru desain ruang terbuka.

Denah jenis ini tidak hanya lebih efektif saat memasuki rumah, tetapi juga bisa lebih menenangkan dan mengurangi sesak terutama dengan pencahayaan yang tepat.

Jenis renovasi khusus ini sangat membantu dalam membuat ruang dapat diakses oleh orang-orang dengan keterbatasan gerak dan umumnya menambah kenyamanan karena seseorang dapat bergerak dengan lebih mulus dari ruang tamu ke dapur dan ruangan lainnya.

Baca Juga: 4 Cara Buat Warna Hijau Sage Makin Estetik di Dapur

Jangan Lupakan Eksteriornya

Eksterior rumah kita sangat penting karena memengaruhi kesan pertama siapa pun dan ini adalah indikator pertama bahwa rumah kita telah mengalami renovasi.

Mulailah dengan bahan utama yang digunakan pada struktur eksterior kita, entah itu batu bata, batu, atau beton yang dicat polos.

Pastikan pemolesan dan perbaikan profesional dilakukan dan selesaikan dengan lapisan tebal cat yang sesuai untuk luar ruangan jika ada.

Perbaiki dan cat ulang jendela, dan dapatkan pembersihan atap menyeluruh yang dilakukan oleh seorang profesional di mana mereka tidak hanya akan menilai sirap yang retak tetapi juga akan mencuci dan mengikis kotoran atau bahan organik yang menempel di atap.

Memperhatikan keadaan dan kemanjuran sistem drainase harus menjadi langkah berikutnya, jadi bersihkan selokan dan bersihkan jalan masuk.

Evaluasi profesional oleh tukang ledeng juga akan membantu kita dan mencegah masalah besar dalam kondisi cuaca ekstrem di kemudian hari.

Meskipun IDEA Lovers akan berinvestasi pada perombak rumah berpengalaman untuk proyek tersebut, jangan lupakan taman atau halaman rumah dan ingatlah untuk menatanya dengan benar.

Pohon harus dipangkas dan dibentuk kembali, rumput harus dipotong dan menciptakan area tempat duduk luar ruangan yang estetis dapat meningkatkan daya tarik tepi jalan rumah.

Ekspansi

Rumah kita kadang-kadang bisa terkesan kuno atau sangat tua.

Bisa jadi, rumah kita dibangun atau dibeli pada saat kebutuhan atau keuangan sehari-hari kita agak berbeda.

Sekarang jika IDEA Lovers berinvestasi dalam melakukan renovasi rumah yang cukup besar, bekerjalah dengan seorang desainer dan arsitek untuk memetakan kemungkinan perluasan.

Kemungkinannya tidak terbatas dalam hal ini bahkan jika IDEA Lovers tidak berurusan dengan ruang kosong seluas hektar.

Teras dan balkon dapat diubah menjadi perluasan ruangan, bahkan ruang lemari ekstra.

Ruang di halaman belakang kita dapat dibangun menjadi area BBQ, ruang baca, atau ruang berjemur atau bahkan ruang spa yang terpisah dari bagian rumah lainnya.

Banyak orang lebih suka membangun kolam renang atau ruang billiard atau bahkan ruang gym, tergantung minat masing-masing.

Triknya adalah mencocokkan ekspansi dengan gaya dan struktur rumah yang sudah ada.

Yang pasti, penambahan baru ini harus sinergis dan terlihat seakan-akan sudah ada.

Bagian rumah lainnya juga perlu direnovasi agar sesuai dengan penambahan yang lebih baru sehingga keausan tidak terlihat.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti