3 Kesalahan Saat Memilih Kasur untuk Dibeli

Kamis, 16 Februari 2023 | 06:00
Pinterest

Ilustrasi kasur

IDEAonline - Kasur adalah salah satu kebutuhan kita di kamar tidur yang akan kita gunakan selama bertahun-tahun.

Selain itu, kasur memang tidak murah.

Sebab itulah kita harus memilihnya dengan berhati-hati dan bijaksana saat membelinya.

Namun, banyak orang masih sering membuat kesalahan saat memilih kasur untuk kamar tidur mereka.

Artikel yang dilansir dari architectureartdesigns.com berikut akan mengulik beberapa kesalahan umum yang dibuat orang-orang saat memilih kasur.

Baca Juga: Menilik Istilah Desain Biofilik Dalam Desain Rumah

Kesalahan 1: Tidak Mencoba Kasur Sebelum Membelinya

Tidak ada resep ajaib, hanya tempat tidur yang nyaman yang bisa menjamin tidur nyenyak.

Namun, kenyamanan itu bersifat subjektif.

Satu-satunya cara untuk menemukan kasur yang tepat untuk kita adalah dengan menguji beberapa kasur dalam kondisi nyata, yaitu dengan berbaring di atasnya.

Pertama-tama, kita harus menilai "penerimaannya", yaitu tingkat penetrasinya.

Setiap orang memiliki preferensi mereka sendiri, tetapi untuk memastikan ketahanan mereka, taruh kepalan tangan IDEA Lovers ke dalam kasur: kita harus mencapainya secara bertahap.

Kemudian pastikan dukungannya dengan bergerak, terkadang berbaring telentang, miring, atau tengkurap, seperti yang biasa kita lakukan saat tidur.

Nyatanya, kita biasa mengubah posisi rata-rata enam puluh kali dalam semalam.

Kasur harus dapat mengikuti dan mengiringi gerakan kita, tanpa memaksa otot melakukan upaya yang akan menyebabkan kebangkitan mikro dan karenanya menurunkan kualitas tidur.

Kasur juga harus ergonomis untuk menghindari penyebab sakit punggung.

Untuk memastikannya sesuai dengan lekuk tubuh kita sebaik mungkin, ada tes yang sangat sederhana: berbaringlah secara telentang, lalu coba letakkan tangan di bawah bagian bawah ginjal.

Makin sulit, makin baik.

Baca Juga: Mix and Match Bed Cover Warna Hijau Sage di Kamar Tidur Minimalis

Kesalahan 2: Tidak Memilih Kasur Berukuran Queen Saat IDEA Lovers Berdua

Jika IDEA Lovers tidur berpasangan, cobalah kasur bersama, sambil bergerak, untuk memeriksa apakah kasur itu cocok dalam hal kenyamanan seperti yang ditunjukkan di atas, dan juga memberi kebebasan tidur.

Artinya, ia harus mampu menyerap tekanan masing-masing tubuh tanpa menyebarkan getaran, jika tidak, gerakan salah satu bisa mengganggu atau bahkan membangunkan yang lain.

Jelas, ukuran tempat tidur berdampak.

Menurut sebuah studi klinis oleh Acticouple, yang dilakukan dari rekaman oleh sensor selama tidur, lebih baik memiliki "Queen size" (160 x 200 cm) daripada tempat tidur ukuran tradisional (140 x 190 cm).

Dengan lebar sebesar ini, waktu tidur efektif melebihi 90% dari waktu yang dihabiskan di tempat tidur dan jumlah terbangun di malam hari turun lebih dari 25%.

Semua pasangan pun melaporkan peningkatan hampir 50% dalam perasaan nyaman di malam hari.

Jika IDEA Lovers tidak memiliki ruang yang cukup untuk menggunakan kasur berukuran Queen, IDEA Lovers dapat meningkatkan kemandirian tidur dengan memasang kasur umum di dua alas tempat tidur terpisah.

Baca Juga: Cara Memilih Kunci yang Ideal untuk Keamanan Rumah

Kesalahan 3: Mendengarkan Ide yang diterima saat memilih kasur

Masing-masing kasur memiliki kekhususannya.

Namun IDEA Lovers harus tahu, kasur lateks tidak membuat kita lebih hangat.

Yang ada, kita malah akan merasakan pegasnya di punggung kita.

Ketinggian kasur bukanlah kriteria mutlak.

Yang memiliki pegas pada dasarnya lebih tinggi karena memiliki lebih banyak lapisan material, biasanya minimal 25 cm.

Namun jangan mengandalkan jumlah pegas, lebih baik fokus pada kualitas daripada kuantitas.

Untuk kasur busa, perhatikan kerapatannya, minimal harus 30 kg/m3 untuk menjamin daya tahan yang baik dari waktu ke waktu tanpa kendur.

Jangan jatuh cinta pada kasur karena memiliki perawatan anti-tungau atau antibakteri: zat yang digunakan untuk fitur ini saat ini sedang dipertanyakan, dan jauh lebih efektif menerapkan cara yang tepat untuk membasmi bakteri dan tungau: pastikan kamar tidur memiliki sirkulasi udara yang baik, lindungi kasur dengan pelindung kasur, dan ganti seprai secara teratur.

Terakhir, jangan menilai kasur berdasarkan perasaan IDEA Lovers saat duduk di tepinya: tidak masalah jika kasur terasa empuk, tidak ada orang yang tidur di tepinya!

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya