Ini Alasan Dapur Minimalis Jangan Berada di Depan Rumah

Senin, 20 Februari 2023 | 15:31
https://decoholic.org

Mudah Kena Sial, Ini Alasan Feng Shui Hindari Penempatan Dapur di Depan Rumah

IDEAonline -Mendengar kata dapur minimalis, mungkin kamu langsung berpikir ini adalah dapur yang mengambil gaya dekor minimalis.

Ya, memang benar jika dapur minimalis adalah sebuah dapur dengan tatanan dan identitas minimalis pada umumnya, yaitu simpel, sederhana, dan tidak ruwet sama sekali.
Dapur minimalis sendiri memang tidak jauh dari konsep interior minimalis yang sudah sering kita ketahui di pasaran.

Desain minimalis adalah konsep desain yang menggabungkan antara estetika dan kesederhanaan. Hasilnya pun adalah gaya dekorasi rumah yang luwes dan tidak berlebihan namun memiliki banyak manfaat maksimal, termasuk manfaat kesehatan!

Selain desainnya, IDEA lovers juga perlu perhatikan letak si dapur minimalis.

Letak sebenarnya udah diatur di dalam Feng shui dapur.

Baca Juga: 6 Tips Ciptakan Dapur Minimalis Bergaya Natural yang Sejuk

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Menginspirasi IDEA Lovers!

Filosofi Tubuh Manusia

Tata ruang rumah menurut aturan dulu selalu dikaitkan dengan filosofi dari struktur tubuh manusia.

Ilustrasinya, tampak depan adalah wajah, pintu utama adalah mulut, dan dapur adalah bagian lambung.

Pada tubuh manusia, lambung ini posisinya ada di tengah.

Oleh karena itu, jika ruang dapur minimalis diletakkan di bagian depan rumah maka desain ini identik dengan memamerkan perut yang terbuka ke orang luar.

Tentunya pemandangan ini sungguh tidak baik dan tidak menguntungkan.

Melansir tabloid rumah edisi 210,Ada beberapa ulasan Feng Shui yang ditulis oleh ahlinya mengatakan bahwa penempatan dapur di sisi depan atau luar bangunan akan berdampak pada kemerosotan moral.

Pemborosan rezeki, mudah kena tipu, kesehatan menurun, dan hal lain yang tidak menguntungkan yang mungkin kurang disadari oleh penghuni rumah tersebut.

Pendekatan ilmu Feng Shui terhadap desain rumah sekarang memang mengalami suatu metamorfosa.

Banyak komponen yang dulu tidak tertulis atau belum ada, sekarang semakin dikembangkan dan menjadi bagian dari kenyamanan hidup kita, seperti keberadaan tiang listrik,microwave, dan oven.

Kita pun perlu berkrompromi dengan perkembangan teknologi namun tetap mempertimbangkan kaidah dasar Feng Shui sehingga tidak terlalu melanggar.

Jadi, walaupun zaman telah berubah lebih modern, sebaiknya tetap memperhatikan tata letak yang baik menurut Feng Shui.

Baca Juga: 5 Cara Sempurna Agar Kamar Tidur Makin Nyaman

Baca Juga: 5 Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Menginspirasi IDEA Lovers!

thechocolatemoosemt.com

Dapur di depan rumah bisa mengundang dampak negatif

Secara tidak langsung alasan pertimbangan menurut Feng Shui juga bisa diterima oleh akal.

Beri Penghalang Pandangan

Secara logika bisa kita terjemahkan bahwa dapur di bagian depan rumah akan banyak “mengundang” keburukan, baik dari sektor intern maupun luar, misalnya terganggunya konsentrasi pembantu atau pemilik yang sedang masak di dapur.

Posisi dapur di depan dan terlihat dari luar ini juga akan membuat orang yang sedang memasak mudah tergoda oleh tetangga atau penjual makanan yang lewat di depan rumah.

Sebaliknya, bagi orang luar yang lewat di depan rumah ini akan menoleh dan memperhatikan ke dapur yang terlihat dari luar.

Tindakan ini dapat membangkitkan berbagai pikiran buruk dan menimbulkan prasangka lain bagi mereka yang sedang memasak di dapur.

Yang penting dan mesti diperhatikan tentang tata ruang dapur jika terlihat dari jalan raya adalah mengupayakan tata ruang dalam dapur tidak bisa terlihat langsung dari luar.

Caranya, jika ada pintu yang menghubungkannya maka silakan hadapkan pintu ke arah samping atau berilah penyekat masif di depan pintu.

Dengan demikian, pandangan dari luar pun tidak langsung ke dapur walaupun letak dapur itu terletak di bagian depan rumah.

Dapur Lebih Maju dari Pintu Utama

Letak dapur minimalisharus diperhatikan dengan membandingkannya dengan posisi pintu utama.

Letak dapur yang berada di depan itu sejajar, bersebelahan, atau lebih maju dari pintu utama, dianggap buruk menurut Feng Shui.

Letak dapur pun wajib dipindahkan agar posisinya tidak lebih maju dari pintu utama.

Dampak lain yang sering dirasakan mereka yang memiliki ruang dapur lebih maju dari pintu utama adalah masalah rezeki dan keberuntungan.

Komposisi Feng Shui yang salah ini tidak bisa mendatangkan kemakmuran, bahkan sebaliknya, rezeki dan kesehatan penghuninya akan merosot.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di websitewww.ideaonline.co.id,Facebook IDEA Online,TikTok IDEAonline,Instagram @ideaonline,Instagram @tabloidrumah, danYoutube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya