Menyelisik Perkembangan dan Evolusi Tile di Indonesia

Rabu, 23 Agustus 2023 | 21:02
DOK. Istimewa

IDEA Online - Tile merupakan salah elemen penting dalam desain interior. Tidak hanya berfungsi sebagai pelapis lantai dan dinding, tile juga bisa dapat memberi kesan estetis dan nyaman pada ruangan.

Seiring berjalannya waktu, teknologi produksi tile juga terus berkembang. Tidak hanya ubahan pada bahan material, tile juga hadir dengan berbagai ukuran dan jenis yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Sebagai inspirasi, berikut beberapa jenis tile yang bisa dijadikan sebagai pemanis ruangan.

  1. Tegel Keramik
Tegel keramik merupakan salah satu material penutup lantai dan dinding yang terbuat dari tanah liat.

Salah satu ciri dari tegel keramik adalah memiliki pori-pori yang besar, sehingga tidak cocok ditempatkan di area basah, seperti kamar mandi atau teras.

Meski begitu, tegel keramik tetap mencuri perhatian publik karena motifnya yang menampilkan kesan eksotik.

Menariknya, tegel keramik bukanlah produk asli buatan Indonesia. Menurut sejarah, produk ini pertama kali diperkenalkan era penjajahan Belanda dengan ukuran 20 cm x 20 cm atau 30 cm x 30 cm.

Baca Juga: Mengenal Homogeneous Tile, Apa Bedanya dengan Keramik Biasa?

Seiring berjalannya waktu, ukuran tegel berevolusi menjadi lebih besar, bahkan hingga berukuran 60 cm x 60 cm. Material ini mulai banyak digunakan oleh berbagai kalangan, terutama segmen menengah.

Tegel keramik juga mengalami perkembangan, mulai dari motifnya yang beragam hingga ukurannya.

Mosaic

Mosaic adalah jenis tile yang terdiri dari fragmen-fragmen kecil yang untuk membentuk pola.

Asal-usul mosaic awalnya dibuat di era Romawi sebagai seni dekoratif. Kala itu, mosaic dibuat dengan merangkai potongan-potongan batu warna-warni untuk menghasilkan gambar-gambar yang indah pada lantai dan dinding.

Karena keindahannya, saat ini banyak produsen tile yang membuat tile jenis ini dengan teknologi yang lebih canggih.

Motif dan bentuk mosaic juga selalu berevolusi, jika dulu hanya bentuk persegi, kini Anda bisa menemukan tile Mosaic dengan bentuk segi lima, segi tiga hingga lingkaran.

Baca Juga: Pertimbangan Menggunakan Subway Tile di Kamar Mandi Minimalis

Marmer dan granite alam

Marmer adalah salah satu jenis penutup lantai yang terbuat dari batuan metamorf.

Marmer memiliki karakteristik yang kuat dan kokoh, serta hadir dengan corak yang unik dan ukuran yang beragam.

Di Indonesia, salah satu jenis marmer yang banyak digemari adalah slab marmer atau marmer berukuran besar dengan standar ketebalan 2 cm.

Sementara itu, granite adalah salah satu jenis tile yang terbuat dari bongkahan batuan granite. Produk ini menjadi salah satu bahan material favorit kalangan atas karena memiliki ketahanan yang cukup kuat.

Homogeneous tile

Homogenous tile adalah produk tile yang dibuat oleh secara sintetis atau buatan manusia.

Untuk membuat tile ini, banyak pabrik menggunakan campuran kaolin, porselen, silika, feldspar, serta bahan mineral lain sebagai bahan dasarnya. Setelah itu, campuran bahan akan diolah dengan tekanan serta pemanasan bersuhu tinggi.

Tile ini juga memiliki permukaan yang flat dan nat yang kecil sehingga menjadikannya terlihat cantik sekaligus mewah. Salah satu ciri khas utama dari homogenous tile adalah memiliki daya serap air yang dapat diatur, sehingga lebih keras dibandingkan dengan tegel keramik.

Tidak hanya itu, granit tile juga banyak diproduksi dengan ketebalan yang tipis atau disebut thin tile. Inovasi baru ini dapat membuat granit memiliki ukuran 5 mm, 7 mm, sampai 12 mm.

Baca Juga: Jadi Rahasia Para Tukang, Gunakan Air Panas dan Sikat Lembut Saat Bersihkan Unpolished Tile, Mengilap Hanya dalam Hitungan Menit!

Dengan dimensi yang lebih tipis dan berat yang lebih ringan, thin tile dapat digunakan untuk dinding atau elemen interior lain, tanpa memberikan beban berlebih pada struktur bangunan.

Sama seperti tile lainnya, homogenous tile juga mengalami evolusi. Salah satunya, teknik printing yang bisa membuat banyak corak. Beberapa produsen homogenous tile juga mulai banyak menciptakan tile berukuran besar, mulai dari 80 cm x 80 cm, 120 cm x 120 cm, 90 cm x 180 cm, 120 cm x 240 cm, bahkan 160 cm x 320 cm.

Perkembangan evolusi tile tersebut membuat konsumen membutuhkan perekat yang sesuai.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut PT Demix Sarana Industri Indonesia menghadirkan beragam produk perekat tile yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Salah satunya, Demix C5 yang dapat digunakan untuk pemasangan granit, homogenous, porcelain tile atau marmer ukuran besar.

Baca Juga: Jadi Rahasia Para Tukang, Gunakan Air Panas dan Sikat Lembut Saat Bersihkan Unpolished Tile, Mengilap Hanya dalam Hitungan Menit!

Komisaris PT Demix Sarana Industri Indonesia David AL mengatakan, Demix C5 merupakan perekat yang memiliki daya rekat ekstra kuat, sehingga cocok digunakan untuk tile berukuran besar.

“Demix C5 memiliki open time atau interval waktu pengolesan perekat ke media atau subtract cukup panjang, yakni mencapai 45 menit dengan daya rekat yang tetap maksimal. Lamanya waktu yang disediakan tersebut tentunya dapat memudahkan para pekerja ketika memasang tile berukuran besar,” ujar David.

Menariknya, Demix C5 juga bisa diaplikasikan pada berbagai permukaan seperti keramik, granite atau homogeneous tile, kayu, kaca, silicate atau cement board, gypsum board, besi, beton, plester, dan bata ringan.

President Director PT Demix Sarana Industri Indonesia Fitria Novita menambahkan, Demix juga memperkenalkan standar Internasional EN untuk perekat tile, khususnya keramik, homogenous tile, granite, hingga marmer

Sebagai jaminan kualitas, Demix C5 juga telah mengantongi C2TES1.

C2TES1 sendiri merupakan sertifikasi yang menguji berbagai hal, mulai dari Tensile Adhesion Strength (pengujian daya rekat), Slip Resistant (pengujian anti melorot), Extended Open Time (pengujian open time) dan Deformability (pengujian fleksibilitas dan ketahanan terhadap pergerakan substrat).

“Demix C5 merupakan pelopor sertifikasi internasional C2TES1 untuk produk perekat tile di Indonesia,” tambah Fitria.

Saat ini Demix C5 bisa ditemukan pada toko-toko supermarket bahan bangunan dan toko keramik terdekat berlogo Demix di kota Anda.

Tag :

Editor : Sheila Respati