IDEA Online – Toko ritel barang bangunan Mitra10 dan toko furnitur Atria kembali melakukan ekspansi di 2023.
Tahun ini, Mitra10 membuka toko keduanya di Bintaro Jaya, Tangerang Selatan. Sebelumnya, lokasi ini juga dipilih Mitra10 sebagai lokasi toko pertama mereka.
Sebagai informasi, Mitra10 Bintaro Jaya merupakan toko ke-46 yang dibangun PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP), sementara Atria Bintaro Jaya merupakan toko ke-20.
Kedua toko ini berdiri di atas lahan seluas 14.000 meter persegi, serta terletak di jalan Boulevard Bintaro yang dikelilingi kawasan hunian dan komersial. Lewat toko ini, baik Mitra10 maupun Atria menargetkan kedatangan konsumen sebanyak 30.000 pengunjung per bulan.
General Manager Marketing dan Komunikasi Mitra10 Erick Koswara mengatakan, dengan diresmikannya Mitra10 Bintaro Jaya, perseroan berharap kedua toko ini dapat menjadi destinasi utama konsumen ketika ingin merenovasi atau mendekor rumah.
“Diharapkan, para pelanggan bisa semakin mudah menjangkau kebutuhan renovasi bahan bangunan. Hal ini sesuai dengan tagline kami, yaitu "The Easiest Place to Get Your Renovations Done!,” ujar Erick.
Untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen, Mitra10 mengusung konsep One Stop Shopping dengan beragam produk kebutuhan rumah, dengan total lebih dari 65.000 stock keeping unit (SKU).
Jumlah tersebut terbagi dalam 13 kategori, yakni perlengkapan rumah tangga, kamar mandi, bahan bangunan, pintu dan jendela, elektrikal dan lampu, dinding dan lantai, perlengkapan rumah dan hobi, dapur, pipa, dan aneka alat (tools).
Khusus untuk toko Mitra10, area ini terbagi atas lokasi selling space seluas kurang lebih 6.000 meter persegi, dengan area gudang seluas 4.000 meter persegi.
Sementara untuk Atria, toko ini hadir dengan area selling space seluas kurang lebih 1.500 meter persegi dan area gudang seluas kurang lebih 45 meter persegi.
Di Atria, pengunjung dapat memilih aneka produk furnitur, matras, dan pernak-pernik lucu untuk mempercantik rumah. Bila dijumlahkan, seluruh produk yang dijual di area ini mencapai lebih dari 13.000 SKU.
“Tersedia juga kafe dan ruko yang bisa dikunjungi pengunjung, berikut dengan area parkir yang luas dan aman, sehingga para pengunjung dapat berbelanja dengan nyaman,” lanjut Erick.
Menariknya, ada alasan tersendiri yang membuat perseroan memilih konsep dua toko dalam satu bangunan. Menurut Erick, hal ini lantaran perseroan ini memberikan konsep ‘Shop in Shop’, sehingga memudahkan konsumen dalam berbelanja peralatan bangunan dan furnitur sekaligus.
“Tidak semua toko Mitra10 mengusung konsep ini, sehingga ini merupakan salah satu previlese bagi warga Bintaro Jaya dan sekitarnya untuk merasakan shopping experience berbelanja menyenangkan ini,” tegasnya.
Inovasi berbelanja dan panen diskon
Sebagai salah satu penyedia kebutuhan bahan bangunan, Erick menjelaskan bahwa Mitra10 dan Atria hadir dengan prinsip “Murah, Lengkap, dan Nyaman”.
Para pengunjung akan dimanjakan dengan desain dan layout penyusunan barang yang menarik, sehingga memudahkan untuk memilih aneka keperluan renovasi rumah dari keramik hingga atap.
“Produk-produk bahan bangunan dan home improvement yang kami juga juga 80 persennya adalah buatan lokal,” ujar Erick.
Selain barang produksi sendiri, Mitra10 juga memiliki private brand yang terdiri dari Zehn, Tidy, Sincere, Durafloor, Fiorano dan Ceramax, Durevole, Glucklich, Winst, Heatsafe, dan Aquamax.
Mitra10 juga hadir dengan konsep omnichannel yang memungkinkan pelanggan berbelanja dengan mudah di berbagai platform, baik Online maupun Offline.
“Mitra10 memberikan pengalaman berbelanja inovatif dengan akses 24/7 melalui plaform digital termasuk website Mitra10.com, marketplace, atau melalui Whatsapp Business Chat pada jam operasional toko,” tegas Erick.
Sementara itu, Promotion and Advertising Manager Mitra10 Medya Ika Ayu menambahkan, terdapat sejumlah promo yang dapat dinikmati konsumen di Mitra10 Bintaro Jaya.
Promo tersebut diantaranya Crazy Price dengan garansi harga termurah khusus 21-24 September 2023, special deals, point rewards, merchant benefit, discount khusus bank tertentu, hingga cicilan nol persen hingga 12 bulan.
“Hanya dengan menjadi sahabat Mitra10 dan mengisi registrasi keanggotaan, pelanggan dapat menikmati semua promo tersebut,” ungkap Medya.
Belanja lebih nyaman di Atria
Tak hanya Mitra 10, National Head Of Marketing, Merchandising, and Support Atria Oktavianus Kusuma mengungkapkan bahwa Atria juga ikut mengadakan promosi serupa.
Promo tersebut terdiri atas Voucher Cashback 100 persen atau Double Poin + Extra Cashback up to 30 persen, Diskon 50 persen untuk Atria Protection, Promo Tebus Murah, Special Deals, cicilan nol persen s/d 24 dari bank, serta potongan hingga Rp 1.000.000 untuk cicilan bank tertentu.
“Di tambah lagi dengan free design dengan belanja minimal Rp 10 juta. Promo ini bisa dinikmati hingga 5 Oktober 2023,” tegas Oktavianus.
Performance CSAP 1H2023
Total Pendapatan secara konsol selama semester 1-2023 CSAP mencapai Rp 7,8 triliun atau tumbuh 5 persen dibandingkan pada periode yang sama tahun 2022.
Total Penghasilan Komprehensif Tahun Berjalan yang Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp 91,5 miliar, mengalami sedikit koreksi dibandingkan tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 112 miliar.
Segmen ritel pada semester I-2023 berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp2,9 triliun, tumbuh 7,7 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun 2022.
Angka tersebut setara kontribusi sebesar 34 persen terhadap total pendapatan konsolidasian perseroan.
Selain segmen ritel modern, CSAP juga memiliki segmen distribusi yang membukukan pendapatan sebesar R p4,9 triliun atau setara kontribusi 62 persen dari total pendapatan secara konsolidasi sebesar Rp7,4 triliun di enam bulan pertama 2023.
Pencapaian tersebut setara pertumbuhan 3,6 persen year-on-year jika dibandingkan pendapatan periode yang sama tahun lalu.
Segmen distribusi merupakan kontributor terbesar pendapatan yang disumbang dari distribusi bahan bangunan, consumer goods (FMCG), dan kimia.
Sedangkan, segmen ritel moderen merupakan sumber pertumbuhan yang disumbang dari ritel moderen bahan bangunan Mitra10 dan Atria furniture, baik dalam hal penjualan maupun kinerja marjin.
Segmen ritel moderen Mitra10 dan Atria merupakan entitas anak dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (IDX: “CSAP”), dimana CSAP memiliki masing-masing 99,9 persen saham kepemilikan di PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) dan 99 persen saham kepemilikan di PT Catur Sentosa Berhasil (“CSB”).
Saat ini CSAP memiliki 46 cabang distribusi bahan bangunan di berbagai kota besar, 5 cabang distribusi kimia, 57 area distribusi FMCG, 46 toko “Mitra10” ritel modern bahan bangunan, home improvement,20 showroom “Atria” Ritel Modern Home Furnishing.
Corporate SecretaryCSAPIdrus Widjajakusumamengatakan, strategi ekspansi ritel memberikan kontribusi positif terhadap kinerja perusahaan.
Hal ini terbukti dari pertumbuhan pendapatan dan margin yang telah tumbuh 8,7 kali lipat sejak tahun 2009 dan sekarang menawarkan lebih dari 65.000 SKU.
"Prestasi ini menjadikan Mitra10 sebagai jaringan ritel modern terbesar untuk bahan bangunan dan home improvement di Indonesia," ujar Idrus.