3 Perpustakaan dengan Desain Keren di Dunia

By Cirana Merisa, Jumat, 20 Oktober 2017 | 08:16 WIB
Lorong buku Perpustakaan Universitas Trinity menampung 200 ribu buku. (Cirana Merisa)

Teman-teman suka baca buku di perpustakaan? Di luar negeri, ada perpustakaan dengan desain yang keren, lo. Pasti betah membaca buku di sana.

Perpustakaan Universitas Trinity, Dublin, Irlandia

Perpustakaan yang ada di Trinity College di Dublin ini merupakan perpustakaan yang paling tua di Irlandia. Perpustakaan ini sudah ada sejak zaman Ratu Elizabeth II pada tahun 1592, lo. Wah, sudah lama sekali, ya!

Di dalam perpustakaan ini, terdapat lorong buku yang sangat besar dan panjang. Lorong buku ini bisa menampung lebih dari 200 ribu buku, termasuk buku-buku yang langka. Pantas saja lorong ini terkenal dengan sebutan Long Room.

Perpustakaan Umum Stockholm, Swedia

Bangunan perpustakaan ini berbentuk tabung dengan buku-buku yang mengelilingi dindingnya. Buku-buku di perpustakaan ini tidak hanya berjumlah ribuan tapi mencapai jutaan, lo. Karya-karya sastra dari berbagai negara juga ada di sini.

Kalau masuk ke perpustakaan ini, teman-teman akan dibuat takjub dengan langit-langitnya yang dibuat mirip gumpalan awan. Perpustakaan ini dirancang oleh seorang arsitek dari Swedia bernama Gunnar Asplund.

Perpustakaan Stuttgart, Jerman

Perpustakaan Stuttgart memiliki desain bangunan yang unik. Terdiri dari 11 lantai dengan 9 lantai ke atas dan 2 lantai bawah tanah, perpustakaan ini berbentuk kubik. Bangunan ini dirancang oleh Eun Young Yi, seorang arsitek asal Korea dan diresmikan pada Oktober 2011 lalu.

Perpustakaan ini menampung 500 ribu buku. Di dalamnya juga terdapat ruangan khusus anak-anak, lo. Ruangannya berwarna yang cerah dan tersusun rak-rak pendek supaya teman-teman bisa lebih mudah mengambil buku-buku yang ada di sana.