Agar Ruang Keluarga Tampil Lebih Sederhana

Senin, 12 Agustus 2013 | 08:00
Anissa Q. Aini

Agar Ruang Keluarga Tampil Lebih Sederhana

Gaksemua orang suka tampilan yang meriah penuh warna. Beberapa orang lebih suka membuat ruangan tampil lebih sederhana tapi menenangkan.

Kali ini kita akan coba membuat ruang keluarga dengan konsep calm and simple.

Dalam bukunya yang berjudul Personal Places: How to Make Your Home Your Own, desainer interior, Catherine C. Crane, mengatakan bahwa paduan warna-warna netral dan senada, dapat menciptakan tampilan yang sederhana tapi menenangkan.

Ruang keluarga di foto ini, menempati ruangan berukuran 3,6mx2,8m. Bidang dinding, lantai, dan furnitur-furnitur berukuran besar di dalamnya, berwarna netral dan senada. Cokelat dan abu-abu. Warna-warna yang dipilih ini, sekaligus memberikan tampilan elegan dan mewah. Kalau ingin tampilan yang lebih ringan, bisa memilih dominasi warna krem atau putih.

Risiko dari pengaplikasikan warna demikian, tulis Catherine, adalah kesan monoton yang tentunya bisa menjemukan. Untuk mengakalinya, sebagai ganti dari bermain warna, kita bisa bermain bentuk.

Kalau di foto ini, Anda bisa menemukan perbedaan desain kursi, antara sofa dan single chair. Kita gak harus menempatkan satu set sofa berdesain sama, kok. Untuk menciptakan kesan dinamis, kita bisa membeli sofa, kursi, dan coffee tableyang berbeda gaya. Selain perbedaan desain kursi, kita juga dapat melihat perbedaan ukuran pada bantal (cushion). Perbedaan-perbedaan seperti inilah yang membantu menciptakan "kehidupan" pada ruang keluarga ini.

Lokasi: Unit Contoh Permata Hijau Residence, Permata Hijau, Jakarta Barat

Foto: iDEA Online/ Anissa Q. Aini

Editor : Anissa Q. Aini