Cara Praktis Buat Perabot Logam Tetap Kinclong

Selasa, 17 Juni 2014 | 04:10
Maulina Kadiranti

Cara Praktis Buat Perabot Logam Tetap Kinclong

iDEAonline.co.id - Kekusaman pada perabot berbahan logam diakibatkan karena perabot sering basah dan terabaikan dalam waktu lama. Beberapa perabot memiliki usia maksimal lima hingga 10 tahun, seperti stainless steel. Meski awet, perabot jenis ini tetap harus dirawat secara berkala agar tetap kinclong. Namun bagaimana dengan cara praktis kilapkan logamyang bisa dilakukan?

Hanya mengelap perabot dengan kain lap saja kadang tidak cukup, apalagi bila lapisan kotoran telah mengerak. Untuk membersihkannya, tak perlu menggunakan bahan kimia. Cairan atau bahan lainya yang ada di rumah seperti cuka, jeruk nipis, bedak, abu atau pasta gigi bisa jadi pilihan.

Ini dia beberapa cara praktis kilapkan logam yang bisa Anda coba.

Cuka, jeruk nipis, pasta gigi

Cuka, jeruk nipis, pasta gigi

Cairan ini cukup ampuh untuk mengambalikan kilau perabot berbahan logam. Bahan-bahan asam bisa dijadikan pembersih logam yang bukan merupakan lapisan. Caranya, peras jeruk nipis atau tuangkan cuka ke dalam mangkok kecil. Celup lap ke dalam cairan tersebut, lalu gosok secara perlahan.

Untuk mengurangi goresan, Anda dapat menggunakan pasta gigi berpemutih. Gosokkan pasta secaa perhalan hingga goresan menghilang.

Bedak

Bedak

Caranya, lap dulu perabot dengan menggunakan air. Kemudian, tunggu hingga kering. Setalah kering, taburkan bedak halus ke seluruh permukaan. Lap dengan kain yang bertekstur halus secara perlahan, hingga kotoran menghilang.

Alumunium memiliki tekstur halus yang tak bisa dibersihkan hanya menggunakan lap. Cara lain yang dapat Anda gunakan, adalah dengan memasukkan perabot alumunium ke dalam air mendidih selama 3 menit, lalu lap hingga kering.

Abu dan olive oil

Abu dan olive oil

Abu bekas bakaran kertas atau rokok dapat dimanfaatkan untuk mengkilapkan perabot berbahan stainless steel . Bahan stainless steel biasanya terdiri dari lapisan yang mudah terkelupas bila terkena kandungan asam. Cara lainnya adalah dengan menggunakan abu halus dicampur dengan sedikit minyak zaitun . Celupkan lap halus ke dalam campuran itu, oleskah berulang-ulang ke permukaan stainless steel hingga kinclong.

Sumber: Logam Kinclong dengan Mudah. iDEA 69/VI/2009. Halaman 52. Rubrik Tips & Trik.

Foto: www.blog.dnevnik.hr

Editor : Maulina Kadiranti