Tips memilih keramik kamar mandi sesuai dengan jenisnya

Jumat, 26 September 2014 | 08:46
Maulina Kadiranti

Tips memilih keramik kamar mandi sesuai dengan jenisnya

iDEAonline.co.id- Kamar mandi telah menjelma sebagai ruang privat bagi seseorang. Ruang satu ini tidak lagi berfungsi hanya sebagai tempat bilas atau bermain air. Di ruang inilah seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam dan menenangkan pikiran. Namun, jenis keramik kamar mandi yang dipasang turut menentukan waktu berkualitas Anda. Jika salah memilih jenis keramik kamar mandi, bisa-bisa kamar mandi menjadi licin dan Anda malah merasa tak aman ketika berada di dalamnya.Simak tips memilihnya keramik kamar mandi di sini.

Untuk kamar mandi, Anda perlu teliti saat memilih jenis keramik. Sebagai ruangan yang selalu dialiri air, Anda membutuhkan jenis keramik kamar mandi yang tidak mudah licin. Anda perlu memerhatikan permukaan keramik: kesat, halus, kasar, atau licin.

Pada prinsipnya, keramik kamar mandi dibagi menjadi keramik lantai dan keramik dinding. Untuk area lantai yang selalu basah, Anda dapat menggunakan keramik antislip yang kesat saat dipijak, contohnya keramik koral. Pilih pula keramik yang berpori sangat kecil sehingga tidak mudah menyerap air dan mudah dirawat. Bila suka, Anda dapat menggunakan granit bakar sebagai lantai. Jenis satu ini membuat lantai jadi kesat.

Untuk dinding kamar mandi, jenis keramik yang digunakan lebih fleksibel. Anda dapat memilih yang licin atau kasar sesuai selera. Namun, keramik dengan permukaan mengilap umumnya dapat menimbulkan kesan dingin. Biasanya, jenis keramikdinding lebih tipis daripada keramik lantai. Jika keramik dinding dipakai untuk lantai akan muncul masalah keramik retak hingga pecah.

Agar kamar mandi lebih atraktif, Anda dapat memadukan beragam keramik dengan corak, warna, dan tekstur berbeda. Misalnya, bagian lantai memakai keramik putih, sedangkan bagian dinding memakai keramik warna-warni. Anda juga dapat memberi border pada dinding kamar mandi yang akan menciptakan kesan lapang.

Sumber :iDEA DOK

Editor : Maulina Kadiranti