Optimalkan Partisi, Maksimalkan Ruang

Jumat, 25 Oktober 2013 | 06:00
Devi F. Yuliwardhani

Optimalkan Partisi Maksimalkan Ruang

Banyak cara untuk memisahkan ruang menjadi dua fungsi yang berbeda. Salah satunya adalah dengan meletakkan partisi di tengah-tengah ruangan tersebut. Saat ini partisi ruangan sudah memilki berbagai macam bentuk mulai dari bentuk partisi yang standar, hingga partisi yang berfungsi ganda sebagai rak multifungsi. Sehingga pemilik rumah bisa menempatkan sovenir atau pajangan di area tersebut.

Dinding tambahan ini juga dapat dikreasikan dengan desain yang unik sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya partisi dengan desain lemari kaca khusus untuk menyimpan koleksi barang antik. Gunakanlah penutup kaca dan lampu kecil supaya barang koleksi Anda semakin terlihat menarik.

Material yang digunakan untuk membuat partisi pun beragam, ada partisi yang terbuat dari kayu, papan GRC, bahkan dari rotan, kaca atau bahan lainnya. Dan agar lebih menarik Anda bisa menghias partisi yang polos dengan cutting stickeratau ornamen sesuai selera agar tidak monoton.

Supaya partisi tidak terkesan membosankan, Anda bisa mengatasi dengan meminimalkan pemakaian partisi. Misalnya dengan mengakali ukuran pasrtisi yang Anda gunakan. Fungsi utama partisi adalah untuk membatasi pandangan, bukan kegiatan. Jadi partisi yang Anda gunakan tidak harus yang menutup ruangan seluruhnya seperti tembok.

Cukup dengan menggunakan partisi yang hanya menutup sebagian ruangan atau bisa juga diakali dengan menggunakan pertisi yang transparan seperti yang terbuat dari kaca. Dan supaya tidak terlalu transparan, partisi dari kaca bisa dilapisi dengan kaca film atau hiasan lainnya seperti cutting stickerdengan warna yang selaras dengan warna dinding atau motif yang menarik.

Selamat mencoba!

Foto: iDEA/Licco Indrawan

Arsitek: Wahyu Achadi

Editor : Devi F. Yuliwardhani