Tips Menata Ruang Keluarga untuk Menyambut Kerabat di Hari Lebaran

Jumat, 24 Juni 2016 | 10:00
Rasantika M. Seta

Tips Menata Ruang Keluarga untuk Menyambut Kerabat di Hari Lebaran

iDEAonline.co.id- Silaturrahim sudah menjadi tradisi lebaran. Apalagi jika kita termasuk salah seorang yang dituakan di keluarga. Mau tidak mau kita mesti mempersiapkan kebutuhan untuk menyambut banyak tamu. Salah satunya menata rumah.

Ajang bersilaturahim identik dengan banyaknya tamu. Tentunya dibutuhkan ruang yang cukup lebar untuk menampung mereka. Jika tidak memiliki rumah yang luas, dibutuhkan langkah-langkah untuk menyiasatinya.

Perkirakan dulu jumlah tamu yang akan datang. Jika masih cukup ditampung di dalam ruang tamu dan ruang keluarga, Anda tinggal menata kedua ruang itu saja. Singkirkan perabot yang terlalu besar yang menghalangi sirkulasi. Tata furnitur ke sisi dinding, sehingga tercipta ruang lowong di area tengah. Furnitur seperti sofa dan kursi, dapat saja dialihtempatkan ke ruang luar, di teras atau carport jika perlu.

Selain itu pertimbangkan juga jika tamu datang dalam waktu bersamaan. Anda tentu membutuhkan ruang lain untuk menjamunya. Ruang keluarga bisa menjadi solusinya. Tatalah ruang keluarga. Tak perlu seresmi ketika menata ruang tamu. Anda bisa membuatnya lebih santai dan akrab. Singkirkan perabot yang tidak terpakai. Atau bisa juga dirapatkan ke dinding.

Jika perlu, gelarlah karpet sehingga lebih dapat menampung banyak tamu. Beri beberapa cushion dengan sarung yang manis. Anda bisa menata jajanan lebaran di meja yang Anda letakkan di sudut ruangan. Atau bisa juga anda letakkan toples-toples yang manis di atas baki. Letakkan begitu saja di atas karpet.

Anda juga bisa menggunakan teras depan atau teras belakang sebagai tempat menjamu tamu. Cukup letakkan beberapa kursi dan satu buah meja. Jika teras cukup luas, letakkan empat kursi. Jika teras tak terlalu luas gunakan saja dua kursi agar sirkulasi tamu ke dalam rumah tetap baik.

Jika ruang juga tak kunjung cukup, manfaatkan area taman. Menjamu taman di area outdoor tentu mengasikkan. Bercengkrama, menikmati panganan khas lebaran sambil melihat taman yang indah, ah...nikmatnya...!

Foto: insideout.com.au

Editor : Rasantika M. Seta