Begini Caranya Agar Dapur Kinclong Selalu

Selasa, 29 November 2016 | 05:00
Devi F. Yuliwardhani

Begini Caranya Agar Dapur Kinclong Selalu

iDEAonline.co.id - Mudah lho, cara membuat dapur agar kinclong selalu. Merasa iri ketika melihat betapa rapinya dapur-dapur yang tampil di TV saat acara memasak? Bahkan Anda seringkali bingung, kenapa dapur Anda tak bisa bersih, dan bersinar seperti di tayangan TV?

Anda tak perlu kitchen setmahal untuk mendapatkan dapur yang selalu bersih dan enak dipandang. Anda hanya cukup dengan merawat dan membersihkannya secara teratur, tampilan dapur pun bisa cantik maksimal.

Berikut adalah 5 cara agar dapur tampak kinclong selalu.

1. Gantung dan simpan

Menjaga dapur agar bersih dan tetap kinclong bukan pekerjaan yang mudah, tapi jika Anda ingin dapur secantik seperti di acara memasak favorit, maka rajinlah membersihkan dapur dan menata perabot dengan rapi. Daripada Anda menaruhnya di meja dapur, taruhlah berbagai perlengkapan di rak yang tertutup atau digantung di dinding.

2. Segera tempat cuci piring tiap hari

Noda-noda pada perabot akan semakin sulit dibersihkan jika sudah menumpuk. Untuk itu bersihkanlah mixer, coffeemaker,dan perabot-perabot dapur lainnya secara teratur agar tetap bersih dan bebas dari noda.

3. Bersihkan tempat cuci piring tiap hari

Kadang ada area yang luput dari perhatian Anda saat membersihkan yaitu wastafel dan kompor. Dengan membersihkan area tersebut, dapur Anda akan bebas dari kuman yang bisa merusak keindahan.

Untuk wastafel, Anda perlu membersihkannya secara menyeluru setelah mempersiapkan makanan. Tak lupa gunakanlah pembersih pembunuh kuman yang efektif dan mudah digunakan. Apabila wastafel Anda terbuat dari baja. Anda harus beri ekstra perhatian karena bahan tersebut membuat noda sangat mudah menempel dan terlihat jelas.

Selain itu, rawatlah dengan menggunakan semprotan khusus untuk stainless steelatau besi tahan karat. Dengan begitu wastafel Anda akan terlindung dari logam sekaligus menghilangkan noda yang membandel.

Sedangkan untuk kompor, terutama kompor gas adalah perabot yang tahan lama sehingga dapat dibersihkan dengan pembersih pada umumnya. Tapi, Anda juga bisa menggunakan produk yang dirancang khusus untuk melarutkan minyak.

Sebaiknya Anda menggunakan semprotan, agar lebih memudahkan dan menjangkau sudut celah di sekitar pembakar.

4. Bersihkan lemari es secara teratur

Masukkan lemari es dalam daftar teratas prioritas membersihkan dapur Anda agar tampak kinclong selalu. Karena hampir semua makanan disimpan di tempat tersebut, maka dari itu bersihkanlah lemari es secara teratur. Cairkan es dan bersihkan lemari es menggunakan lap basah yang telah dicampur dengan deterjen. Tak lupa bersihkan juga kulkas Anda dari makanan yang sudah kadaluarsa.

Untuk membuat lemari es lebih segar, taruh sekantung baking soda di dalamnya. Jika Anda ingin menempel hiasan berupa magnet, ada baiknya di letakkan di samping, bukan di depan, agar lemari es terlihat rapi.

5. Bersih dan kinclong!

Perhatikan detail ketika Anda membersihkan dapur. Baik saat membersihkan tempat cuci piring, oven, rak piring, lemari es atau meja makan. Tak lupa gunakanwiperdan pembersih yang tepat agar dapur Anda bersih dan kinclong.

Sebaiknya Anda menggunakan produk alami untuk membersihkan dapur Anda. Berikut adalah beberapa cara yang bagus untuk menggunakan produk alami untuk membersihkan dapur Anda.

Campurkan air dan cuka dengan proporsi sebanding untuk menghasilkan pembersih alami yang akan membantu Anda menjaga lantai bersih dan mengkilap.Taburkan baking soda ke permukaan jeruk lemon yang sudah dibelah, dan gunakan untuk menggosok panci dan wajah.Taburkan baking soda ke dalam saluran pembuangan air dan tuangkan cuka di atasnya untuk mengatasi mampet dan bau tak sedap.

Campurkan air dan cuka dengan proporsi sebanding untuk menghasilkan pembersih alami yang akan membantu Anda menjaga lantai bersih dan mengkilap.

Taburkan baking soda ke permukaan jeruk lemon yang sudah dibelah, dan gunakan untuk menggosok panci dan wajah.

Taburkan baking soda ke dalam saluran pembuangan air dan tuangkan cuka di atasnya untuk mengatasi mampet dan bau tak sedap.

Nah, iDEA Lovers, bagaimana dengan ulasan tentang5 cara agar dapur tampak kinclong selalu ini? Semoga bermanfaat.

Sumber: dari berbagai sumber

Editor : Devi F. Yuliwardhani