Desain Kamar Mandi: Bambu pun Bisa jadi Pembatas Ruang Privat

Jumat, 04 November 2016 | 09:00
Devi F. Yuliwardhani

Desain Kamar Mandi Bambu pun Bisa jadi Pembatas Ruang Privat

iDEAonline.co.id - Bambu tak hanya menghasilkan tekstur, warna, dan bentuk yang bersekat. Bambu juga memiliki kemampuan untuk memberikan sensasi pada sentuhan dekorasi ruangan. Pada ruangan yang berkonsep alami, bambu bisa jadi pemain utama dalam percantikan ruangnya.

Area mandi terbuka ini memang dibuat sealami mungkin. Mulai dari lantai yang memanfaatkan taburan batu, lalu bak/kolam yang memanfaatkan batu kali yang disusun acak, hingga dinding yang tersusun dari potongan bambu.

Dinding ini murni dari bambu. Bambu berfungsi tak hanya jadi penghasil tekstur, tapi juga penopang struktur. Deretan bambu dipasang dua lapis, satu menghadap ke arah luar dinding, satu lagi ke bagian dalam. Dua lapis bambu membuat dinding tak berongga, sehingga tak ada celah untuk menatap ke area di balik dinding.

Kemasifan dinding penting untuk ruang-ruang privasi seperti kamar mandi dan kamar tidur. Dinding yang masif tak membuat ruang terasa sempit, karena ruang seolah tak memiliki batas ke arah langit. Kunci konsep alami memang mengikat bentuk buatan manusia, dan kesempurnaan bentuk-bentuk ciptaan Ilahi.

Foto: Dok. iDEA

Lokasi: Resor Kampung Sumber Alam, Garut

Editor : Devi F. Yuliwardhani