Secondary Skin: Jalan Pintas Mengubah Tampilan Fasad

Senin, 23 Juli 2012 | 06:27
Devi F. Yuliwardhani

Secondary Skin Jalan Pintas Mengubah Tampilan Fasad

Kulit luar" atau secondary skin berfungsi layaknya filter untuk mereduksi terpaan sinar matahari langsung ke fasad rumah. Hasilnya ruangan yang dilindungi oleh secondary skin terasa lebih dingin. Aplikasi "kulit luar" pun membuat tampilan fasad semakin menarik. Oleh karena itu, agar pemasangan secondary skin berjalan dengan lancar, berikut 5 poin yang harus Anda perhatikan.

Konsultasi Pakar : Sebelum merencanakan untuk memasang fasad ganda, mintalah saran kepada pakar misalnya arsitek atau kontraktor. Konsultasikan konsep desan, material, konstruksi, hingga solusi atas masalah yang bisa terjadi ketika proses pemasangan. Cek struktur rumah : Untuk menciptakan secondary skin struktur rumah harus benar-benar kokoh. Karena kulit luar ini akan bertumpu pada konstruksi utama bangunannya. Oleh karena itu, cek kondisi struktur lama rumah mulai dari fondasi, kolom, hingga balok. Kenali arah hadap rumah : Jika rumah Anda menghadap ke arah matahari terbit atau tenggelam (Timur dan Barat), maka pemasangan secondary skin dapat menjadi dominan. Fungsi utama fasad ganda untuk mereduksi sinar matahari pun terpenuhi. Pemilihan material : Setelah menentukan fungsi dan penempatan, Anda bisa menilai cocok atau tidaknya material tersebut dari: bentuk, mudah untuk diaplikasikan, memiliki bobot yang relatif ringan, tahan cuaca, mudah dirawat, dan harga yang sesuai dengan budget. Budgeting : Biaya pemasangan secondary skin dipengaruhi oleh beberapa hal. Luas bidang, kerumitan desain, struktur yang digunakan, karakteristik material, juga finishing merupakan poin yang harus diperhatikan. Yang pasti, konsep desain yang Anda rencanakan harus sesuai dengan kondisi keuangan.

Konsultasi Pakar : Sebelum merencanakan untuk memasang fasad ganda, mintalah saran kepada pakar misalnya arsitek atau kontraktor. Konsultasikan konsep desan, material, konstruksi, hingga solusi atas masalah yang bisa terjadi ketika proses pemasangan.

Cek struktur rumah : Untuk menciptakan secondary skin struktur rumah harus benar-benar kokoh. Karena kulit luar ini akan bertumpu pada konstruksi utama bangunannya. Oleh karena itu, cek kondisi struktur lama rumah mulai dari fondasi, kolom, hingga balok.

Kenali arah hadap rumah : Jika rumah Anda menghadap ke arah matahari terbit atau tenggelam (Timur dan Barat), maka pemasangan secondary skin dapat menjadi dominan. Fungsi utama fasad ganda untuk mereduksi sinar matahari pun terpenuhi.

Pemilihan material : Setelah menentukan fungsi dan penempatan, Anda bisa menilai cocok atau tidaknya material tersebut dari: bentuk, mudah untuk diaplikasikan, memiliki bobot yang relatif ringan, tahan cuaca, mudah dirawat, dan harga yang sesuai dengan budget.

Budgeting : Biaya pemasangan secondary skin dipengaruhi oleh beberapa hal. Luas bidang, kerumitan desain, struktur yang digunakan, karakteristik material, juga finishing merupakan poin yang harus diperhatikan. Yang pasti, konsep desain yang Anda rencanakan harus sesuai dengan kondisi keuangan.

Foto: iDEA/Victor Adianggara

Desain: Rully Yediaprianto

Editor : Devi F. Yuliwardhani