Semanan Haus, Apik dengan Grassblock

Jumat, 08 November 2013 | 08:00
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Semanan Haus Apik dengan Grassblock

Salah satu keinginan pemilik ketika merenovasi adalah tampilan rumah boleh tertutup namun jangan berlebihan. Material kombinasi untuk fasad pun akhirnya jatuh pada grassblock.

"Waktu itu pemilik melihat rumah saya yang memang berbeda dan tertarik dengan desainnya. Namun, untuk desain renovasi, kalau bisa jangan sampai sama. Harus ada perbedaan. Kalau di rumah saya uniknya karena menggunakan batu kali, kalau di Semanan Haus keunikannya ada padagrassblockdi fasad," ungkap TekyWidjajaKodiasdinata, kontraktor dari Bangun Rumah.

Material ini dipilih dengan pertimbangan, kalau semuanya tertutup tembok, maka bangunan akan terlihat masif. Sementara, kombinasi grassblockjustru akan membuat rumah terlihat lebih ringan.

Rumah yang didaulat bergaya kontemporer ini diolah maksimal dengan dua pintu masuk. Bagian timur dan utara. Pintu timur digunakan untuk tamu, sedangkan sisi utara diperuntukkan bagi sanak keluarga yang sifatnya lebih personal.

Meskipun banyak aplikasi material yang berbeda pada fasad mulai dari batu alam asli, batu alam artifisial, kamport, hingga grassblock. Tampilannya tetap ringan dengan pengolahan yang tepat. Teky juga menambahkan bahwa semua rumah itu unik, tergantung dari bagaimana kita menyajikannya dalam visual dan fungsi.

Foto: RENOVASI/Adeline-Agung

Properti: Hunian Djoko Hardjana dan Gina Sudyarwadinata, Taman Semanan Indah

Desain: Bevilia Indarti (Tim Bangun Rumah)

Kontraktor: Teky Widjaja Kodiasdinata (Tim Bangun Rumah)

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)