Unik! Rumah Origami yang Multifungsi

Rabu, 07 Mei 2014 | 08:10
Maulina Kadiranti

Unik! Rumah Origami yang Multifungsi

iDEAonline.co.id -Atapnya yang menyelubungi hingga tanah, membuat rumah ini terlihat berbeda di antara rumah-rumah di sekitarnya. Adalah studio asal Jepang TSC Architects yang mendesain rumah dengan atap sebagai fasad.

Rumah yang terletak di prefektur Mie, Jepang ini memiliki atap berlipat-lipat seperti kertas origami. Sehingga rumah ini dijuluki sebagai rumah origami. Disamping unik, rumah ini juga fungsional ketika menghadapi cuaca ekstrim di Jepang.

"Atap origami berdiri di atas tanah menyerupai tenda kemah, menciptakan area bertoleransi dan melindungi kehidupan kelurga (di dalamnya)," ucap pemimpin TSC Architects, Tanaka.

Manfaat lain dari atap bertekuk ini adalah untuk mengendalikan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah, menangkap angin serta membuat area setengah outdoor pada rumah.

Hidup di negara dengan empat musim berbeda, sang arsitek menyediakan proteksi bagi penghuni rumah untuk menghadapinya. Tungku perapian di ruang tamu, mengangatkan seluruh rumah pada musim dinding.

Sementara lima lis atap yang juga berfungsi sebagai kanopi menghalangi masuknya cahaya matahari langsung ke dalam rumah. Selain itu juga melindungi dinding luar rumah dari hujan. Pada musim panas, rumah ini menangkap angin yang berhembus dari selatan ke utara melalui jendela.

Terdapat empat bentuk segitiga sebagai bukaan pada fasad rumah origami. Keempat segitiga memiliki ukuran yang berbeda-beda. Segitiga terbesar merupakan bagian dari muka rumah. Pada bagian inilah terdapat teras yang terlindung atap bangunan,

Bangunan rumah ini didesain untuk sepasang suami-istri muda di lingkungan pedesaan. "Rumah ini menciptakan pemandangan baru, mewariskan kenangan desa,"tambah Tanaka.

Sumber: www.dezeen.com

.

Editor : Maulina Kadiranti