Kolam Renang Bersuasana Bali

Senin, 19 Oktober 2009 | 06:16
Anissa Q. Aini

Kolam Renang Bersuasana Bali

Punya kolam renang di rumah, bisa jadi sarana rekreasi gratis. Tak usah jauh-jauh ke resor di Bali atau Lombok. Ciptakan sendiri suasana resor di rumah. Tak perlu memikirkan cara-cara yang rumit. Cukup bermodal taburan bunga dan beberapa hiasan terracota (tanah liat).

Kolam renang di foto ini terletak di area belakang rumah. Ukurannya 12m x 8m. Pemiliknya, Indri Gono dan keluarga, senang bepergian ke daerah-daerah pantai, seperti Bali dan Lombok. Itu sebabnya, mereka selalu ingin mengenang tempat-tempat tersebut. Bepergian ke sana, setiap kali ingin rekreasi tentu akan memakan banyak biaya. Jadi, mengapa tidak membuatnya sendiri di rumah?

Area belakang rumah Indri cukup luas, ia menanaminya dengan berbagai pepohonan. Di tengah taman belakang inilah, ia membuat kolam renang berukuran 12m x 8m. Area sekitar kolam renang sengaja tidak ditutupi semen atau keramik, melainkan ditanami rumput gajah. "Biar suasananya alami," ujar Indri.

Nah, kini saatnya memberikan sentuhan ala resor. Pada saat-saat tertentu, ketika keluarga sedang berkumpul, misalnya, Indri sengaja membeli bunga Kamboja. Bukan buat nyekar di kuburan, lho.Bunga-bunga Kamboja tadi ditaburkan di permukaan kolam. Jadilah serasa di Bali.

Untuk lebih mendukung suasana resor di Bali tadi, Indri menghias bibir kolam renangnya, dengan berbagai pernik terbuat dari tanah liat. Berbagai mangkuk dan piring beragam bentuk ditempatkan di sana. Tak ketinggalan hiasan berupa tumpukan bunga atau cangkang kerang. Ada juga wadah lilin yang bentuknya seperti lentera.

"Kalau malam tiba, kita bisa buat suasana jadi lebih romantis. Biasanya saya nyalakan lilin di sekitar kolam renang," ujar Indri.

Area kolam renang ini, kata Indri, bukan cuma untuk berenang. Pada momen-momen tertentu, seperti ulang tahun atau pesta keluarga, area ini menjadi tempat pesta yang menyenangkan. Tinggal tentukan temanya. Malam hari, suasana bisa dibuat lebih intim dan romantis. Pagi atau sore hari, bisa membuat pesta kebun yang meriah.

Foto: iDEA Online/ Fardina R. Suri

Lokasi: Rumah milik Keluarga Indri Gono, Bangka Raya, Jakarta Selatan

Editor : Anissa Q. Aini