Hadirkan Roof & Wall Garden di Rumah Anda

Selasa, 27 Agustus 2013 | 00:00
Devi F. Yuliwardhani

Hadirkan Roof Wall Garden di Rumah Anda

Tren dalam hal desain taman, rumah, dan interior beberapa tahun kebelakang didominasi oleh gaya minimalis atau minimalis modern. Keterbatasan karena ketersediaan lahan yang terbatas dan harga tanah yang tinggi menjadi kendala yang sulit dipungkiri oleh para pemukim di daerah perkotaan saat ini. Oleh karena itu, hunian pun tidak memiliki taman yang memadai.Kehadiran taman tidak hanya sekedar untuk mempercantik hunian dan memberikan hiburan, tetapi juga terdapat fungsi-fungsi lain tang berguna.

Taman dapat meningkatkan suplai oksigen di udara, menurunkan suhu sekitar, mengurangi efek rumah kaca, menyediakan habitat bagi hewan/serangga kecil yang berguna, mengurangi erosi oleh air hujan, serta sebagai tempat beraktivitas bagi anak-anak. Maka sudah selayaknya jika kita memiliki lahan hijau tersebut.Ternyata untuk menghadirkan kehijauan di alam terbuka yang luas, tidak perlu memiliki lahan rumah yang luas juga. Anda dapat menjadikan atap rumah Anda sebagai tempat menanam tanaman beruparoof gardenatau dinding tanaman (wall garden).

Roof gardendanwall gardenmemang tidak memiliki fungsi resapan yang baik, namun suatu penelitian menunjukkan bahwa suhu permukaan atap dan dinding beton yang ditutupi tanaman lebih rendah hingga 25?C dibanding dengan tidak tertutup tanaman. Kehadiran tanaman dapat melindungi atap dan dinding dari sinar ultraviolet, panas, polusi debu, dan udara kotor.Anda akan merasakan efek lebih apabila kita menanam tanaman yang dapat menyerap polutan. Atap dak beton yang selama ini dijauhi akan menjadi tempat beraktifitas keluarga Anda.

Tampilan rumah Anda menjadi lebih unik dengan adanya aksenwall garden. Tidak hanya itu, keluarga Anda pun lebih terlindungi, sehat, dan makin betah di rumah.

Foto: iDEA/Richard, Tri

Editor : Devi F. Yuliwardhani