Pagar Hidup, Pilih Perdu atau Rambat?

Senin, 31 Maret 2014 | 05:00
Devi F. Yuliwardhani

Pagar Hidup Pilih Perdu atau Rambat

iDEAonline.co.id -Untuk pagar hidup, sebaiknya memilih tanaman perdu atau rambat? Kedua jenis tanaman ini bisa Anda pilih. Cermati dulu kelebihan dan kekurangan kedua jenis tanaman ini agar Anda bisa menentukan pilihan terbaik sesuai kebutuhan.

Tanaman perdu seperti pucuk merah (Syzygium oleana), teh-tehan (Acalypha siamensis), dan duranta, terbilang ideal untuk dijadikan tanaman hidup yang berdiri sendiri. Karena sebagai pagar hidup tanaman ini tak memerlukan "partner" lain.

Bentuk daun pucuk merah, teh-tehan, dan duranta juga indah dan mudah dibentuk. Setelah ditanam dan tumbuh dengan ketinggian tertentu, tanaman-tanaman ini tinggal dipangkas secara rutin. Jika dalam jangka waktu lama tak sempat dirawat, hanya akan bertambah tinggi dan tak teratur bentuknya, namun tidak menjalar ke mana-mana sehingga lebih mudah menanganinya.

Berbeda dengan tanaman menjalar atau merambat. Tanaman ini memerlukan sarana untuk merambat seperti pagar besi atau tembok. Setelah ditanam, arah tumbuhnya pun perlu diatur agar merambat sesuai yang diharapkan.

Ada jenis tanaman rambat yang memiliki batang keras sehingga untuk memotongnya agak susah, contohnya bugenvil. Jika tanaman seperti bugenvil yang Anda pilih, rajin-rajinlah memperhatikan arah tumbuh rambatannya supaya tidak harus bersusah payah memotong batangnya yang keras.

FotoAbdul Hakim Santoso

Editor : Devi F. Yuliwardhani