Unik dengan Kolam Ikan Koi dan Lahan Bertingkat

Rabu, 09 April 2014 | 06:30
Devi F. Yuliwardhani

Unik dengan Kolam Ikan Koi dan Lahan Bertingkat

iDEAonline.co.id-Agar istimewa, Anda bisa membuat tampilan kolam ikan koidi rumah Anda, sedikit berbeda. Misalnya dengan membuat sisi kolam ikan koiyang berbatasan dengan dinding basement. Jika Anda berada di basement, maka kolam ikan koiakan tampak seperti akurium raksasa. Jadi, pemandangan kolam ikan koitidak hanya dapat dinikmati dari area taman, tapi juga dari basement.

Ide inilah yang digunakan Nicky Sugiharto dan Artsenso dalam merancang rumah milik keluarga Ade Setiawan yang berlokasi di Kebun Jeruk, Jakarta Barat. Posisi taman di jugabuat, lebih rendah dari dek, sehingga dek menjadi tempat menyenangkan untuk keindahan taman.

Berbagai taman tropis digunakan untuk mengisi taman. Pada bagian depan taman, terdapat dua pohon fiki fan palm (Pritchardia Paficia), sementara bagian belakang di tanam siklik (Agave attenuatta). Selain itu tanaman ini juga dihiasi tanaman soka (Lxora Javanica) dengan bunga warna merah yang bertebaran.

Pada bagian taman samping, ditempatkan buka kamboja, untuk mengimbangi dominasi bangunan rumah yang menjulang tinggi. Tamaman jenis semak seperti saasevieria (Sanseiviera Trifasciata) dan iris (Noemarica Longifolia) ditata rapi disekitar pohon-pohon.

Foto : Melo, Teddy

Editor : Devi F. Yuliwardhani