Pilihan Gazebo di Halaman Sempit

Kamis, 10 April 2014 | 10:10
Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)

Pilihan Gazebo di Halaman Sempit

iDEAonline.co.id - Bu Henning di Bandung memiliki rumah tipe 51, dengan luas lahan 112m². Rumah bergaya minimalis. "Apakah cocok bila halaman depan rumah terdapat gazebo?" tanyanya.

Kami membuat dua desain gazebo di halaman sempityang bisa diaplikasikan pada rumah bergaya minimalis, yang umumnya menghindari unsur-unsur ornamen.

Gazebo di Pojok Halaman

Gazebo ini cocok diletakkan di pojok dalam halaman. Dimensinya hanya 1,2mx1,5m. Bisa menjadi tempat baca dan nongkrong yang asik. Struktur utama dari baja profil I dengan konstruksi yang fleksibel dengan atap tenda. Lantai menggunakan papan kayu damar laut yang tahan air.

Gazebo di Teras Depan

Karrena letaknya di depan teras, maka desain gazebo sebaiknya tidak terlalu rumit. Desain simple yang tidak membuat teras terhalangi sinar dan visual ruang luar rumah tetap maksimal tertampilkan di dalam ruangan. Gazebo 1,5mx1m itu menggunakan konstruksi kayu dengan atap kaca dan dapat ditumbuhi tanaman rambat. Lantai gazebo menggunakan kaca sehingga mampu meneruskan visual kolam yang didesain berada tepat di bawahnya.

Keunikan desain gazebo ini adalah bentuknya yang menyatu dengan fasad rumah. Seolah-olah gazebo ini adalah secondary skin dari fasad. Kisi-kisi grid di sisi depan gazebo diperuntukkan sebagai tempat menjalarnya tanaman rambat.

Grafis: Asuhan Indra Zaka Permana dan Novriansyah Yakub

Editor : Febrina Syaifullana (@vinna_mooo)