Inpsirasi Dekorasi Taman ala Jepang

Jumat, 25 April 2014 | 08:10
Devi F. Yuliwardhani

Inpsirasi Dekorasi Taman ala Jepang

iDEAonline.co.id - Taman Jepanghadir mengedepankan konsep tradisonal. Di Jepang sendiri, ada tiga taman yang terkenal: Kenroku- en di Kanazawa, Korakue-en di Okayama dan Kairaku-en di Mito.

Hal terpenting dari Taman Jepang, adalah kehadiran taman yang mampu menciptakan perasaan damai bagi yang melihatnya.

Taman Jepang, identik dengan dekorasi bambu yang melambangkan kehadiran gunung maupun pulau. Agar terkesan alami,.unsur air pada taman ini hadir dengan kolam ikan kecil, ataupun bilah-bilang bambu yang berfungsi sebagai pancuran air.

Ingin membuat taman rumah Anda, seperti taman Jepang, simak hal-hal berikut:

Air.Pada taman Jepang, unsur air harus ada, Air melambangkan proses menyucikan benda dari dunia. Biasanya unsur air dihadirkan dalam bentuk kolam.

Tanaman, Berbagai jenis tanaman bisa Anda tempatkan pada taman Jepang. Baik tanaman perdu, bambu, rumput bahkan lumut. Tanaman perdu digunakan untuk membentuk tampilan taman yang tidak simetris. Anda bisa menggambarkan kehadiran gunung, rumput, maupun lembah menggunakan tanaman perdu.

Batu. Batu pada taman Jepang melambangkan pegunungan , garis pantai dan air terjun.Bisanya batu-batu yang digunakan memang sengaja diambil dari pantai, gunung, maupun pinggir sungai.

Pagar.Umumnya pagar yang digunakan pada taman Jepang, menggunakan pagar dengan tanaman hidup. Pagar bisa dibuat dari tanaman perdu maupun bambu. Tanaman ini tidak hanya berfungsi sebagai pelindung, tapi juga berfungsi melengkapi keindahan taman itu sendiri.

Sumber : desainic.com

Editor : Devi F. Yuliwardhani