Simak, 4 Hal Penting Ini Sebelum Membangun Kolam Renang di Rumah

Senin, 03 April 2017 | 05:00
idea

Simak 4 Hal Penting Ini Sebelum Membangun Kolam Renang di Rumah

iDEAonline.co.id - Tak boleh sembarang membangun sebuah kolam renang di rumah. Ada empat hal penting yang harus Anda perhatikan. Ya, bagi Anda yang memiliki halaman belakang yang cukup luas, selain dimanfaatkan sebagai taman, Anda pun juga bisa memanfaatkannya sebagai kolam renang.

Tak hanya lahan yang cukup luas untuk membangun kolam renang. Tentunya, Anda pun juga membutuhkan dana yang cukup besar untuk mewujudkan impian tersebut. Melihat hal tersebut, maka Anda diwajibkan mengetahui terlebih dahulu empat hal penting sebelum memutuskan membangun kolam renang.

Apa sajakah keempat hal penting tersebut? Langsung tengok di bawah ini.

1. Tentukan fungsi dari kolam renang Anda

Sebelum membangun kolam renang buatan sendiri, Anda harus menentukan tujuan dan fungsinya. Apakah itu untuk anak-anak atau untuk orang dewasa dan apakah akan ditempatkan di dalam ruangan atau di halaman belakang. Lebih baik memiliki berdasarkan fungsinya di waktu yang akan datang, sehingga kolam renang ini bisa digunakan dan cocok untuk semua anggota keluarga, anak-anak maupun dewasa.

Baca juga: 7 Tanaman Herbal Eksotis Dapat Mempercantik Taman

2. Pilih ukuran dan bentuknya

Biaya kolam sangat tergantung pada ukurannya. Semakin besar ukuran, semakin tinggi pula konstruksinya. Jangan lupa bahwa akan jauh lebih mudah dan lebih murah bila Anda membangun kolam renang bentuk persegi panjang daripada bentuk lainnya. Namun, bila memiliki dana lebih, Anda boleh-boleh saja kok membuat kolam renang dengan bentuk bulat atau bentuk menakjubkan lainnya. Asal, tetap selaraskan dengan bentuk lanskap-nya.

Baca juga: Unik! Kolam Renang Ini Berbentuk Biola

3. Cari tahu mengenai konstruksi bangunan kolam renang

Meskipun Anda tidak terlalu paham mengenai konstruksi bangunan, namun tak ada salahnya Anda mencari tahu melalui internet. Anda bisa mengetahui dasar-dasarnya sehingga Anda dapat menentukan mau seperti apa tampilan kolam renang nantinya.

Baca juga: Ini Kesalahan yang Biasa Terjadi Saat Membuat Taman dan Solusinya

4. Pilih peralatan yang dibutuhkan untuk kolam renang

Peralatan lengkap untuk kolam renang memiliki daftar yang cukup panjang. Misalnya, Anda perlu menentukan jenis sistem filtrasi, apakah skimmer atau overflow. Pilihan pertama lebih murah dan lebih mudah diinstal daripada opsi kedua. Anda pun juga perlu mempertimbangkan sistem tambahan yang dapat menambah hiburan di dalam kolam renang seperti hydro massage, air massage, atau air pancuran. Bila Anda kesulitan menentukan mau menambah sistem yang mana, maka profesional dapat membantu Anda memecahkan masalah ini.

Baca juga: Jangan Malas Membersihkan Kolam Renang Karena . . .

Pastikan untuk memperhatikan lagi 4 hal penting di atas ya iDEA Lovers sebelum memutuskan untuk membangun kolam renang di rumah.

Sumber: simplepooltips.com

Foto: second-sun.co

Editor : Sabrina Alisa