Peti Kemas Rustic nan Unik

Minggu, 02 Juni 2013 | 10:44
Devi F. Yuliwardhani

Peti Kemas Rustic nan Unik

Pernahkah Anda melihat peti kemas dari kayu yang digunakan untuk mewadahi barang-barang dagangan? Ketika sudah tidak dipakai, peti kemas tersebut biasanya akan dibuang begitu saja. Padahal, kondisi kayunya masih cukup bagus dan kuat. Kini banyak orang yang memanfaatkan peti kemas tersebut sebagai aksesori pada interior. Contohnya, Anda dapat memanfaatkannya sebagai rak dinding. Tampilannya yangrusticdapat memberikan kesan industrial yang unik.

Namun, beberapa peti kemas sudah mengalami pengelupasan pada permukaannya akibat penggunaan yang berat. Tampilan uniknya jadi berkurang. Tapi Anda dapat memperbaruinya sehingga peti kemas itu tetap terlihat bagus tanpa menghilangkan karakteristiknya. Berikut langkah yang dapat Anda ikuti.

Alat dan Bahan

Peti kemas kotak berbahan kayuAmplasLap bersihCat dasarCat kayuKuas rollerKuas pipih

Peti kemas kotak berbahan kayu

Amplas

Lap bersih

Cat dasar

Cat kayu

Kuas roller

Kuas pipih

Langkah Pengerjaan

Pertama, lepaskan bagian-bagian yang nantinya tidak akan dicat. Contohnyahandleatau plat besi yang menempel.Amplas seluruh permukaan peti kemas, agar bagian-bagian yang kasar ataupun cacat jadi lebih halus.Bersihkan sisa pengamplasan dengan lap bersih. Gosok juga di bagian-bagian yang terdapat kotoran ataupun noda.Untuk menutupi kayu, aplikasikan cat dasar ke seluruh bagian furnitur dengan menggunakan kuas. Aplikasikan hingga ke bagian yang rusak. Kemudian, biarkan mengering selama satu jam.Setelah cat dasar mengering, Anda dapat mulai mengaplikasikan cat kayu. Gunakan kuas roller untuk permukaan yang luas, sedangkan untuk permukaan yang sempit Anda harus menggunakan kuas pipih. Biarkan mengering selama dua jam.Setelah mengering, aplikasikan kembali cat kayu hingga tertutup seluruhnya. Umumnya proses pengecatan furnitur kayu memang dilakukan dua kali. Kemudian biarkan mengering kembali selama dua jam.Bila tampilan peti kemas sudah bagus kembali, Anda tinggal memasangnya di dinding dengan menggunakan paku. Atau Anda dapat menumpuknya saja di lantai sehingga terlihat seperti rak tumpuk.

Pertama, lepaskan bagian-bagian yang nantinya tidak akan dicat. Contohnyahandleatau plat besi yang menempel.

Amplas seluruh permukaan peti kemas, agar bagian-bagian yang kasar ataupun cacat jadi lebih halus.

Bersihkan sisa pengamplasan dengan lap bersih. Gosok juga di bagian-bagian yang terdapat kotoran ataupun noda.

Untuk menutupi kayu, aplikasikan cat dasar ke seluruh bagian furnitur dengan menggunakan kuas. Aplikasikan hingga ke bagian yang rusak. Kemudian, biarkan mengering selama satu jam.

Setelah cat dasar mengering, Anda dapat mulai mengaplikasikan cat kayu. Gunakan kuas roller untuk permukaan yang luas, sedangkan untuk permukaan yang sempit Anda harus menggunakan kuas pipih. Biarkan mengering selama dua jam.

Setelah mengering, aplikasikan kembali cat kayu hingga tertutup seluruhnya. Umumnya proses pengecatan furnitur kayu memang dilakukan dua kali. Kemudian biarkan mengering kembali selama dua jam.

Bila tampilan peti kemas sudah bagus kembali, Anda tinggal memasangnya di dinding dengan menggunakan paku. Atau Anda dapat menumpuknya saja di lantai sehingga terlihat seperti rak tumpuk.

Foto: iDEA/Richardus Salampessy

Editor : Devi F. Yuliwardhani