DIY: 5 Langkah Membuat Geometris Print

Selasa, 01 Juli 2014 | 06:10
Maulina Kadiranti

DIY 5 Langkah Membuat Geometris Print

iDEAonline.co.id - Anda ingin menghadirkan pola-pola geometris dalam rumah? Namun, Anda tidak memiliki budget untuk membeli aksesori atau furnitur berpola geometris? Buat saja sendiri.

Bahan dan langkah pengerjaannyasangat sederhana kok. Cukup dengan mengikuti 5 langkahmembuat geometris printmudah ini, handuk, tote bag berbahan kanvas atau artwork terbaru siap hiasi rumah Anda.

Yang Anda butuhkan:

Kentang, ubi jalar, benkoang atau sayur apapun yang berbentuk padat (pilih salah satunya)Kain katun (kain yang ingin Anda cetak, sebaiknya gunakan kain 100% katun)Cat akrilik dan acrylic fabric medium (untuk mengencerkan cat akrilik ). Anda dapat membeli cat ini di toko kerajinan tangan.Kuas atau paint roller.SelimutKoran bekasPiring kertas atau wadah lainnya untuk mencampur cat.

Kentang, ubi jalar, benkoang atau sayur apapun yang berbentuk padat (pilih salah satunya)

Kain katun (kain yang ingin Anda cetak, sebaiknya gunakan kain 100% katun)

Cat akrilik dan acrylic fabric medium (untuk mengencerkan cat akrilik ). Anda dapat membeli cat ini di toko kerajinan tangan.

Kuas atau paint roller.

Selimut

Koran bekas

Piring kertas atau wadah lainnya untuk mencampur cat.

5 langkahmembuat geometris print:

1. Siap kan area kerja Anda, sebaiknya bekerjalah di meja datar. Letakkan selimut di atas meja untuk mempermudah proses pengecatan. Lalu, selubungi selimut dengan koran bekas agar cat-cat yang tumpah tidak mengenai selimut.

2. Sediakan kentang atau ubi jalar. Potong setengah bagian, lalu gambar permukaan kentang dengan menggunakan spidol (jika kentang atau ubi anda basah, keringkan lebih dahulu). Gambar desain geometris pada permukaan kentang dengan menggunakan spidol. Lalu potong bagian yang tak digunakan menggunakan pisau. Voila! Jadilah stempel geometris.

3.Campurkan beberapa warna cat akrilik bersama acrylic fabric medium. Lalu warnai bagian stempel geometris. Sebelum mencap stempel pada kain, cobalah pada permukaan koran dahulu.

4. Ciptakan ragam pola pada kain dengan mengoles warna-warna di stempel menggunakan kuas atau rolling paint kecil tiap kali Anda hendak mencetaknya, agar warna yang tercetak di kain lebih keluar.

5. Buatlah ragam pola atraktif dengan membolak-balik arah penge-cap-an pada kain. Sedikit tips untuk Anda, gunakan dua warna berbeda pada satu stempel untuk memberikan efek ombre.

Kini kain polos Anda sudah menjadi artwok geometris yang siap menghiasi interior rumah. Masukkan kain ini dalam sebuah bingkai foto dan ruang interior Anda tampil makin atraktif.

Foto:www.inhabitat.com

Sumber: www.ihabitat.com

Editor : Maulina Kadiranti