Trik Memilih Pigura yang Tepat

Rabu, 02 Juli 2014 | 03:15
Maulina Kadiranti

Trik Memilih Pigura yang Tepat

iDEonline.co.id - Pigura bukan sekadar media yang memudahkan Anda menggantung karya seni di dinding. Menurut Corporate Framing Director A.I. Friedman, Jeffrey Feigenheimer, pigura yang tepat bisa membuat lukisan dan foto tampil semakin menarik.

Sebelum memilih bingkai yang tepat, perhatikan dahulu isi karya seni Anda. Setelah itu, sesuaikan isinya dengan pigura. Berikut ini trik memilih pigura yang perlu Anda ketahui.

Pilihan menarik untukstill life

Lukisan bertemastill lifebisa tampil lebih menarik dengan beberapa pilihan pigura berikut ini.

Pertama, jikastill lifeyang ditampilkan dalam lukisan tergolong sederhana, Anda bisa menggunakan pigura emas berornamen. Menurut Feigenheimer, lebih baik lagi jika Anda memilih pigura dengan bingkai dalam (lenenataumat board) berwarna putih, dan beraksen garis emas.

Kedua, salah satu trik memilih pigura adalahpilihlah pigura dengan warna yang ada dalam lukisan atau foto. Carilah warna yang paling menonjol dari foto, kemudian cari pigura metalik dengan warna tersebut. Warna akan semakin mencolok jika Anda tidak menggunakanmat board.

"Sebuah trik yang sederhana adalah dengan memfokuskan diri pada obyek yang mencolok. Dalam kasus ini, semangka. Pilihkan pigura metalik dalam warna semangka. Jika Anda tidak menggunakan mat, warnanya akan punya lebih banyak pengaruh. Pastikan pigura besi berbentuk tipis, Anda hanya membutuhkan sedikit kilap," ujar Feigenheimer.

Ketiga, pilihlah pigura dengan nuansa kayu berwarna gelap. Warna kayu tersebut bisa "menghangatkan" gambar. Cobalah menggunakan mat board berwarna putih agar pigura tidak tampak terlalu "berat".

Keempat, gunakan pigura yang hampir tidak tampak. Pigura semacam ini hanya memiliki garis tipis di ujung pigura, serta mat board berwarna putih yang cukup tebal.

Pilihan menarik untuk pemandangan alam

Dalam trik memilih pigura, untuk lukisan atau foto pemandangan alam, khususnya pemandangan yang tampak lembut seperti laut, cobalah menggunakan pigura besi berwarna. Warnanya disesuaikan dengan isi lukisan. Namun, Anda tidak harus menggunakan warna yang sama dengan isi lukisan.

Pigura semacam ini bisa membuat lukisan tampak lebih modern. Intinya adalah menyeimbangkan isi lukisan. Untuk foto atau lukisan bernuansa biru, pilihlah besi bernuansa merah muda yang hangat.

Kedua, gunakan pigura berwarna putih dan berpahat seperti gelombang. Untuk lukisan bergambar laut, warna putih merupakan pilihan terbaik. Warna putih tidak hanya bisa didapat dari pigura plastik. Anda juga bisa memilih pigura kayu bernuansa rustic. Pigura ramping berwarna putih juga bisa membuat pemandangan laut lebih menarik.

Karya fotografi

Sementara, untuk karya fotografi, pilihlah bingkai yang lebih menarik dan bercorak ketimbang bingkai untuk pemandangan alam.

Gunakan perpaduan kayu berwarna terang danmat boardberwarna berbeda. Caranya, pilih dua nuansa warna yang ada dalam foto, misalnya putih dan biru. Gunakan warna putih pada bingkai kayu, dan warna biru untukmat board.

Kedua, gunakan pigura kayu berwarna gelap. Pilihan ini relatif "aman" karena hampir semua karya dan foto tampil cantik dalam pigura kayu. Untuk melengkapinya, gunakan juga linen tradisional.

Ketiga, gunakan pigura mengilap dan tambahanmat boardberwarna netral, namun bertekstur. Bila perlu, tambahkan mat board kedua dengan ukuran yang lebih kecil sebagai tambahan elegan bagi karya Anda.

Terakhir, gunakan pigura dari kayu alami. Pigura semacam ini tampak sederhana, namun membuat foto sebagai atraksi utama. Inilah juga yang menjadi alasan banyak galeri menggunakan pigura sederhana tersebut.

Poster

Tidak hanya lukisan dan foto, dalam trik memilih pigura,poster juga berhak menghiasi dinding rumah Anda. Setidaknya, ada empat cara memilih pigura untuk poster. Pertama, pilihlah warna dari poster untuk memilih pigura. Kedua, pilihshadow boxdengan pigura dari kayu alami. Ketiga, pilih pigura kayu berwarna putih. Terakhir, pilih pigura besi ramping berwarna hitam.

"Tulisan dalam poster begitu grafis seperti karya seninya sendiri. Jadi, saya akan membiarkan tulisan tersebut tampil. Saya mungkin akan menggunakan bingkai yang menonjolkannya, seperti yang satu ini. Khususnya jika (dalam poster) terdapat tulisan tebal yang cantik," pungkas Feigenheimer.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti