Ragam Jenis dan Fungsi Kape

Jumat, 04 Juli 2014 | 04:11
Maulina Kadiranti

Ragam Jenis dan Fungsi Kape

iDEAonline.co.id - Kape biasa digunakan ketika Anda hendak mengecat rumah. Alat ini biasanya digunakan untuk mengerok cat lama atau menambal lubang dan retakan pada dinding atau lantai. Tahukah Anda, kape hadir dalam ukuran beragam. Masing-masing jenis kape ini hadir dengan fungsi yang berbeda pula. Berikut ini ulasan tentang ragam jenis dan fungsi kape yang perlu Anda ketahui.

Pada dasarnya terdapat dua jenis kape yaitu yang bergagang dan yang tidak bergagang. Kape bergagang umumnya untuk mengupas cat pada bidang dinding dan kayu. Sementara yang tanpa gagang digunakan saat menambal permukaan material dibantu dengan filler atau dempul pada bidang dinding dan besi.

Terkait dengan jenis dan fungsi kape, di pasaran tersedia beberapa ukuran dari kedua jenis kape tadi. Ukuran kape bergagang mulai dari 1,5 inci hingga 4 inci dengan pajang gagang yang berbeda pula.

Kape Kupas 4 inci. Kape ini mampu mengupas lapisan cat pada dinding dan kayu dengan permukaan yang luas. Sehingga pekerjaan jadi lebih cepat dan efektif.Kape Kupas 3 inciKape Kupas 2 inci. Kape yang satu ini dapat digunakan untuk mengupas lapisan cat pada permukaan yang berada di sudut-sudut.Kape Kupas 1,5 inci. Kape berbentuk ramping ini sangat efisien dan efektif untuk pengerjaan pengupasan lapisan cat di sudut yang sulit dijangkau.

Kape Kupas 4 inci. Kape ini mampu mengupas lapisan cat pada dinding dan kayu dengan permukaan yang luas. Sehingga pekerjaan jadi lebih cepat dan efektif.

Kape Kupas 3 inci

Kape Kupas 2 inci. Kape yang satu ini dapat digunakan untuk mengupas lapisan cat pada permukaan yang berada di sudut-sudut.

Kape Kupas 1,5 inci. Kape berbentuk ramping ini sangat efisien dan efektif untuk pengerjaan pengupasan lapisan cat di sudut yang sulit dijangkau.

Masih dalam ulasan tentang jenis dan fungsi kape, kape tanpa gagang, hadir dalam tampian berupa lembar pelat besi saja. Ukurannya muai dari lembar 5cm hingga 12cm, dengan panjang yang sama 10cm.

Set kape tanpa gagang ini digunakan untuk menambal permukaan dinding dan besi. Kape model ini biasanya dipasarkan dalam satu set dengan ukuran yang rata-rata sama 10cm dan lebar mulai dari 5cm, 8cm, 10cm dan12cm.

Pastinya, makin besar ukuran kape, makin besar pula bindang yang dapat diaplikasikan. Sehingga pemilihannya harus disesuaikan dengan bidang yang akan dikerjakan.

Nah, bagaimana iDEA-Lovers? Semoga ulasan tentang jenis dan fungsi kape inibermanfaat ya.

Foto: Richard

Editor Foto: Maylani Kartiko

Properti: Mitra 10

Sumber: Kape Dibutuhkan Sewaktu Ganti Cat. iDEA 35/03 - Desember 2006. Halaman 32. Rubrik Perkakas.

Editor : Maulina Kadiranti