Ini Dia! Kiat Membersihkan Komputer

Jumat, 04 Juli 2014 | 04:21
Maulina Kadiranti

Ini Dia! Kiat Membersihkan Komputer

iDEAonline.co.id - Perangkat komputer atau yang biasa disebut sebagai PC merupakan merupakan rangkaian dari unit-unit kecil seperti tuts keyboard, mother board, mouse, dan berbagai tombol lainnya.

Unit-unik kecil ini biasanya jadi tempat favorit bagi debu menyarang, terutama di bagian keyboard dan CPU. Debu yang menumpuk ini dapat mengakibatkan bersin-bersin bagi si empunya. Akhirnya ruang kerja jadi tak nyaman.

Masalahnya, terkadang sulit sekali membersihkan bagian-bagian yang kecil dalam PC. Nah agar debu tidak menyarang dan bertumpuk, Anda harus melakukan perawatan secara berkala. Berikut kiat membersihkan komputertidak hanya senantiasa bersih tapi juga bersih dan nyaman.

Alat:

Kuas tinta ChinaSpet anginLap katun

Kuas tinta China

Spet angin

Lap katun

Kiat membersihkan komputer:

1. Keyboard adalah bagian komputer yang rutin kotak dengan jari. Bila jarang dibersihkan, bakteri dapat berkembang biak. Cara merawatnya adalah dengan membersihkan dengan lap bersih atau kuas, lalu tiup debu dengan spet angin. Lakukan perawatan ini secara berkala tiap minggu.

2. Teknologi monior komputer sekarang ini sudah bisa meminimalkan radiasi. Namun, kita tetap harus menjaga jarak dan intensitas visual agar mata tidak lelah. Caranya sediakan lampu duduk berbohlam LED 8watt di pinggir komputer.

3. Bagi Anda yang menggunakan laptop, sebaiknya bersihkan area kerja sebelum memulai aktivitas. Hindari minuman dan makanan basah. Selain riskan merusak laptop, juga akan mengundang serangga datang ke meja kerja.

4. Hindari menumpuk colokan di satu titik, agar aman. Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada komputer, selain itu juga rentan mengakibatkan kabel terbakar.

5. Setelah selesai menggunakan komputer, cabut semua hubungan dengan listrik rumah. Walaupun dimatikan, apabila colokan masih tehubung, listrik masih tetap mengalir.

6. Sebaiknya gunakan UPS (Uninteruptible Power Supply) untuk mengantisipasi arus listrik yang naik-turun secara tiba-tiba.

Bagaimana iDEA-Lovers dengan kiat membersihkan komputer ini? Sekarang bukan hal mustahil lagi bukan untuk mencipakan ruang kerja yang aman dan nyaman.

Sumber: Komputer Aman Ruang Nyaman. iDEA 101/VIII/2012. Halaman 54. Rubrik Tips & Trik

Editor : Maulina Kadiranti