Tips Agar Tidak Tertipu Ketika Belanja Online

Selasa, 06 Oktober 2015 | 06:28
Sabrina Alisa

Tips Agar Tidak Tertipu Ketika Belanja Online

iDEAonline.co.id - Di zaman dengan teknologi yang modern ini, sudah banyak teknologi canggih yang dapat membantu orang-orang untuk mempermudah aktivitasnya. Termasuk saat belanja. Di zaman sekarang, tidak perlu repot-repot lagi pergi ke toko untuk membeli suatu barang. Cukup dengan internet, Anda pun dapat berbelanja.

Ya, belanja apapun! Misalnya, Anda ingin membeli perabot rumah atau furnitur, Anda hanya tinggal searching di mesin pencari, log in, melakukan prosedur yang ditentukan, voila! Barang keinginan Anda pun segera diproses untuk dikirimkan ke rumah. Kegiatan tersebut lebih dikenal dengan belanja online atau online shopping.

Namun sayangnya, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun juga ikut berkembang. Penipuan melalui online shopping sangat marak terjadi belakangan ini. Ya, tingkatkan kewaspadaan dalam berbelanja agar tidak menyesal nantinya.

Nah, berikut beberapa tips agar belanja online kita aman dan nyaman!

1. Website Terpercaya

Sebelum memulai berbelanja online, sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu website jual-beli yang terpercaya. Coba browsing dengan seksama dan pelajari bagaimana cara kerjanya. Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional dan diakui keamanannya bisa jadi pilihan. E-bay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia. Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.

2. Hindari Harga yang Terlalu Miring

Yap ini dia tips belanja online yang ke dua! Biasanya kaum perempuan yang "gampang tergoda" dengan harga "miring". Harga miring atau harga yang terlalu murah patut dicurigai karena harga pasti sesuai dengan kualitas. Seorang penjual pun akan memikirkan kembali jika ingin memberikan diskon atau potongan harga. Harga yang terlalu rendah pun akan merugikan si penjual. Hal ini patut diwaspadai sekali di commerce berbentuk marketplace.

3. Kenali Produk

Kenali produk yang ingin dibeli! Anda bisa melakukan browsing terlebih dahulu mengenai produk yang ingin dibeli. Tujuannya adalah agar Anda lebih mengenal tentang produk tersebut dan apa saja kelengkapan yang disertakan oleh produk tersebut jika kamu membelinya. Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk. Mulai dari spesifikasi, foto produk dan kelengkapannya, untuk jadi bahan perbandingan. Sehingga, pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di sumber yang berbeda.

4. COD (Cash On Demand)

Singkatan yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual. Jadi, COD ini adalah kegiatan transaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar Anda tidak tertipu jika berbelanja online di forum. Jika seorang penjual tidak bisa atau tidak mau diajak COD, maka Anda patut curiga kalau penjual tersebut adalah penipu. Anda bisa menanyakan alasan si penjual karena bagaimana pun penjual memiliki cara tersendiri dalam menjual produknya.

5. Rekber (Rekening Bersama)

Rekber adalah salah satu jasa sebagai perantara pembeli dan penjual di forum jual beli ataupun situs commerce classified. Jadi dengan adanya rekber, tindak penipuan dapat diminimalisir. Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga nggak langsung sampai ke penjual sampai barang yang Anda beli diterima. Sebaiknya, gunakan rekber untuk melakukan transaksi online, tapi carilah juga jasa rekber yang terpercaya.

6. Kenali Penjual

Selain 5 tips belanja online di atas, di sini Anda perlu ada sedikit skill kepo (knowing every particular object). Ya, sebelum membeli produk, ada baiknya kalau Anda mencari tahu asal-usul si penjual tersebut. Misalnya seperti, bagaimana barang jualannya (kondisi dan kelengkapan), websitenya, testimonialnya, dan reputasinya. Terlebih lagi jika penjual terhitung masih newbie atau yang belum ada reputasi/testimonial. Namun, jika tidak mau repot, beralih saja ke commerce terpercaya karena reputasinya sudah dikenal dan bisa dimintai pertanggung jawabannya.

7. Simpan Bukti Pembayaran, Email dan SMS

Last but not least, setelah melakukan transaksi, simpan semua bukti pembayaran baik melalui transfer ataupun kartu kredit. Simpan bukti transfer, email, bahkan SMS antara kamu dan penjual. Apabila terjadi hal yang tidak diinginkan, bukti pembayaran tersebut bisa menjadi acuan. Anda bisa menjadikan itu sebagai bukti untuk pihak berwajib (polisi). Ini berlaku untuk yang hobi belanja di classified maupun fjb.

Semoga, sekarang belanja online teman-teman bisa lebih menyenangkan!

Sumber foto: wikimedia.org

Editor : Sabrina Alisa