3 Pilihan Pemasangan Keramik Berkaitan Dengan Nat

Selasa, 27 Oktober 2015 | 04:03
Sabrina Alisa

3 Pilihan Pemasangan Keramik Berkaitan Dengan Nat

iDEAonline.co.id - Pada keramik lantai maupun dinding, nat seakan menjadi percantikan. "Sosok" nat yang besar, kecil, atau berwarna-warni, menjadikan keramik tampak lebih indah. Keberadaannya juga membuat setiap keping keramik terangkai menjadi sebuah "papan" pada lantai atau dinding.

Nat sendiri adalah bidang yang merupakan celah sambungan antarkeramik. Dalam interior, terdapat tiga pilihan pemasangan keramik berkaitan dengan natnya. Nah, berdasarkan nat ini, pemasangan keramik dapat dibagai sebagai berikut:

1. Open joint.Ini adalah pemasangan keramik dengan ukuran nat lebih besar dari 3mm. Biasanya dilakukan untuk pemasangan di lantai tingkat untuk mentolerir pemuaian dan penyusutan keramik.

2. Closed joint.Ini adalah pemasangan keramik dengan ukuran nat lebih kecil dari 3mm. Biasanya untuk pemasangan keramik lantai dengan tingkat porositas yang rendah atau keramik dinding.

3. Expansion joint. Suatu sambungan yang sifatnya membantu mengantisipasi pada saat terjadi pergeseran struktur yang akan mengakibatkan lantai "meledak". Sambungan atau nat tidak seluruhnya diisi semen, tetapi juga bahan karet atau styrofoam, atau bahan lain yang sifatnya elastis.

Bagaimana iDEA Lovers? Tentukan pemasangan keramik dengan ukuran nat yang dibutuhkan, ya!

Foto: mittenartworks.com

Editor : Sabrina Alisa