5 Langkah Praktis Agar Rumah Terlihat Lega

Selasa, 06 Maret 2018 | 12:30
idea

dok. decoist.com

PenulisSabrina Alisa

iDEAonline –Rumah legadengan halaman luas sudah tidak mungkin didapatkan di pusat kota karena harga tanah yang tinggi. Hal tersebut membuat rumah sederhana, tempat kost, atau apartemen menjadi pilihan hunian yang tepat bagi masyarakat urban dengan mobilitas tinggi.

Namun, rumah sederhana, tempat kost, atau apartemen, memiliki keterbatasan ruang sehingga memaksimalkan ruangan yang ada menjadi tantangan tersendiri bagi penghuninya.

Nah, bila Anda ingin membuat rumah terlihat lega, ikuti lima langkah praktis membuat rumah terlihat legadari desainer interior Revano Satria di bawah ini!

1. Pasang cermin berukuran besar

cermin
Pasanglah cermin berukuran besar, sebesar ukuran dinding di salah satu bidang. Dengan memasang cermin yang sangat besar, Anda akan melihat pantulan ruangan yang membuat rumah terlihat luas dan lega. Cermin yang besar ini juga akan merefleksikan cahaya yang masuk ke dalam ruangan dengan maksimal.

2. Pilih cat dengan warna cerah

dok. architecturaldigest.com
Lupakan memilih cat dengan warna gelap yang memberikan kesan hangat dan elegan. Aplikasikanlah cat berwarna cerah! Itu akan membuat rumah terlihat lega.

Kalau Anda ragu, pilihlah cat dengan warna putih karena warna ini merupakan warna netral dan dapat menyatu dengan segala warna perabotan dan alat elektronik yang Anda miliki.

3. Pakai tirai yang tipis dan ringan

dok. raia amira
Jika rumah, tempat kost, atau apartemen Anda masih memiliki jendela kaca yang besar, pilihlah tirai yang tipis, ringan, atau yang sedikit tembus pandang. Tirai yang tebal dan gelap akan membuat ruangan Anda terasa sesak.

4. Furnitur desain minimalis dan serbaguna

Kursi
Furnitur dengan desain minimalis akan membuatrumah terlihat lega. Selain nyaman untuk dipandang, furnitur dengan desain simpel dan warna yang netral akan menyatu dengan ruangan sekitarnya.

Furnitur yang serbaguna juga akan membantu Anda dalam menghemat ruangan.Misalnya, sofa dengan cushionyang dapat diangkat dan memiliki tempat penyimpanan di dalamnya membuat Anda tidak perlu lagi membeli lemari tempat penyimpanan barang-barang.

5. Alat elektonik yang multifungsi dan praktis

dok. trabahomes.com
Memiliki banyak alat elektronik dengan fungsi yang berbeda-beda tentunya akan membuat Anda repot, baik saat menatanya dengan furnitur yang sudah ada atau saat menggunakannya.

Misalnya, perangkat musik dan DVD player yang terpisah akan sangat memakan tempat. Pilihlah perangkat elektronik multifungsi dengan begitu spaceruang tidak berkurang banyak.

Editor : Sabrina Alisa