Tips Saat Bepergian Seorang Diri

Rabu, 04 Mei 2016 | 03:00
Sabrina Alisa

Tips Saat Bepergian Seorang Diri

iDEAonline.co.id - Tanggal merah di kalender merupakan hal yang ditunggu-tunggu para pekerja. Tak sedikit, masyarakat memanfaatkan tanggal merah ini untuk berlibur bersama keluarga atau bahkan seorang diri. Yup, seorang diri. Meski terdengar menyedihkan, tapi sebenarnya liburan seorang diri bisa jadi sangat seru, mengasyikan, bahkan dapat memanjakan diri sendiri sepenuhnya.

Namun, bagi orang-orang yang tidak pernah berpergian seorang diri, mungkin menggambarkan perjalanan ini sebagai pengalaman yang menakutkan, apalagi jika harus berada di negeri yang belum pernah dikunjungi.

Tak bisa dipungkiri, perjalanan tunggal memang memiliki banyak persoalan seperti masalah keamanan dan perasaan kesepian. Akan tetapi, persiapan yang matang dapat memperlancar perjalanan tunggal Anda.

Ketahui kelebihan Anda

Jika Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, maka kemanapun Anda pergi, maka bahasa tak akan menjadi kendala. Namun, menjadi hal yang sulit jika Anda tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris, ditambah Anda seseorang dengan tipe introvert. Bagi Anda tipe introvert, Anda dapat sekadar mengamati budaya dari negara yang Anda kunjungi. Vietnam menjadi negara yang tepat untuk duduk dan melihat orang-orang dengan budayanya yang kaya.

Tempat penginapan yang dekat warga

Mencari tempat penginapan, pilihlah yang dekat dengan perumahan warga bila Anda memilih untuk melancong seorang diri. Bonus yang Anda dapatkan sebagai solo traveler adalah memiliki banyak pilihan penginapan yang memang dibuat khusus untuk para solo traveler.

Selalu berhati-hati

Negara yang terkenal dengan budayanya yang ramah dan sangat menganggumi ketika bertemu dengan orang asing seperti Mesir, maka perhatian yang lebih harus Anda lakukan ketika melakukan perjalanan seorang diri. Pelajari bagaimana mengatakan "tidak, terima kasih" dalam bahasa lokal, ditambah dengan bahasa tubuh untuk arti "tidak" yang terkadang lebih efektif. Jangan lupa untuk memiliki nomer telepon bantuan lokal. Anda mungkin tidak akan pernah membutuhkannya, tetapi mengetahui Anda mempuyai nomer tersebut dapat membuat Anda lebih percaya diri ketika dihadapkan pada situasi yang berbahaya.

Jangan lupa bawa buku, majalah dan smartphone

Terkadang perasaan kesepian menghampiri mereka yang berpergian seorang diri. Patahkan perasaan ini dengan membawa buku, majalah, dan tentunya smartphone Anda. Hubungi keluarga di rumah menjadi cara paling ampuh untuk menolak kesepian.

Manfaatkan media sosial Anda

Gunakan Facebook dan Twitter untuk bertanya mengenai negara yang Anda kunjungi. Anda kan terkejut betapa banyaknya orang yang akan membantu Anda memberikan informasi layaknya seorang pemandu wisata.

Tidak takut lagi kan berkelana jauh seorang diri, iDEA lovers?

Sumber: http://www.roughguides.com

Editor : Sabrina Alisa