Penyebab Kebakaran yang Mungkin Tidak Disadari

Rabu, 01 Juni 2016 | 03:00
Devi F. Yuliwardhani

Penyebab Kebakaran yang Mungkin Tidak Disadari

iDEAonline.co.id - Kadang kala kebakaran terjadi justru karena kelalaian manusia sendiri. Kita kerap tidak menyadari bahwa barang-barang di sekitar rumah mudah terbakar. Belum lagi belakangan ini cuaca terasa lebih panas daripada biasanya menyebabkan mudahnya terjadi arus pendek yang memicu kebakaran.

Agar Anda terhindar dari kebakaran, coba perhatikan hal-hal berikut ini

Kompor gas

Longgarnya karet pada mulut tabung gas menyebabkan keluarnya gas. Selain beracun, gas ini juga dapat memicu kebakaran. Selang gas yang bocor akibat gigitan tikus atau retak akibat usia selang yang usang juga menyebabkan kebocoran gas dan lagi-lagi dapat menyebabkan kebakaran.

Sabuk atau gesper pengikat selang juga bisa longgar. Ketika longgar, komponen penyalur gas pada kompor mengalami penurunan kualitas (dalam hal ini karatan), sehingga pipa menjadi bocor karena karat. Sebaiknya, cek performa kompor gas Anda secara berkala.

Lalai dalam menggunakan perabot

Seperti ketika memasak di dapur. Mungkin beberapa dari Anda pernah meninggalkan dapur untuk mengangkat telepon. Terlenda dengan perbincangan di telepon, Anda lupa akan masakan di dapur. Masakanpun jadi gosong, minyak juga menjadi sangat panas.

Minyak goreng panas inilah yang kemudian memancing api dari kompor untuk naik ke penggorengan. Dan bukan mustahil api di atas penggorengan menjulur ke peralatan yang mudah terbakar di dapur Anda.

Api kecil pemicu api besar

Penempatan obat nyamuk bakar pada tempat yang dekat dengan bahan yang mudah terbakar seperti kasur atau bantal guling dapat menyebabkan api kecil. Api kecil di area tadi dapat menjalar dan kemudian berkembang menjadi api besar.

Perhatikan gerak-gerik buah hati

Perhatikan anak-anak Anda ketika bermain. Jauhkan mereka dari barang-barang yang menimbulkan api seperti korek api dan lilin menyala. Jauhi juga mereka dari kompor atau lampu minyak yang sedang menyala. Mungkin saja mereka tertarik bermain dengan api kecil.

Sumber: bpbd.pemkomedan.go.id

Foto: www.nust.edu.pk

Editor : Devi F. Yuliwardhani