6 Cara Membuat Barang Antik Selalu Kinclong

Sabtu, 23 Desember 2017 | 09:00
idea

6 Cara Membuat Barang Antik Selalu Kinclong

iDEAonline - Ada 6 cara membuat barang antik selalu tampak kinclong.

Koleksi barang antik dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemilik rumah. Namun, barang antik yang telah berusia puluhan bahkan hingga ratusan tahun, perlu perhatian khusus dari Anda. Karena selain bernilai tinggi, barang antik berusia tua bisa jadi sudah ringkih.

Pertama, jangan memajang barang antik Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pasalnya, paparan langsung dari sinar matahari dapat membuat warna pada barang antik Anda memudar.

Kemudian, simpan benda-benda porselen di dalam lemari kaca bila memungkinkan. Hal ini untuk mencegah benda tetap bersih dan menjaga agar tidak jatuh.

Untuk barang antik dari porselen, agar tetap bening dan tampak bersih sebaiknya dicuci minimal setahun sekali. Berikut adalah cara yang dapat Anda ikuti.1.

1. Pergunakan karet untuk alas sebelum memulai agar terhindar dari benturan dan lantai yang licin.

2.Masak air dengan volume yang sesuai dengan bentuk porselennya. Kemudian siram porselen dengan air hangat kuku.

3.Gunakan spons halus dan celup ke dalam sabun pembersih. Pastikan sabun yang Anda gunakan adalah sabun pembersih yang tak mengandung alkohol dan pemutih.

4.Gunakan kain lembut untuk mengeringkan porselen. Jangan mengeringkan porselen di bawah matahari langsung karena dapat memudarkan warnanya.

5.Bila barang Anda berupa guci, sebaiknya cari sesuatu yang bisa digunakan untuk menutup mulut guci tersebtu seperti piring antik atau kain. Ini agar tidak ada debu yang menempel ke dalam guci.

6.Untuk barang antik berbahan kayu, jangan ditaruh di ruang yang lembap karena akan mengundang rayap. Gunakan semprotan pembersih kayu minimal sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk menyuntikkan cairan anti rayap ke dalam kayu minimal tiap setengah tahun sekali.

Editor : Sabrina Alisa