Simak, 4 Tips Ini Dapat Menjaga Rumah Tetap Aman Dari Perampokan

Kamis, 08 September 2016 | 06:00
Sabrina Alisa

Simak 4 Tips Ini Dapat Menjaga Rumah Tetap Aman Dari Perampokan

iDEAonline.co.id - Ya, ini 4 tips menjaga rumah tetap aman dari perampokan. Kemarin Sabtu (3/09/2016), terjadi peristiwa yang cukup mencekam. Sebuah rumah di daerah elit Jakarta Selatan, tepatnya di kawasan Bukit Hijau IX, Pondok Indah, telah terjadi drama penyanderaan yang dilakukan dua orang perampok terhadap pemilik rumah mewah tersebut. Setelah sembilan jam penyanderaan, polisi menerobos masuk ke dalam rumah dan berhasil menyelamatkan para sandera.

Peristiwa yang cukup mengejutkan publik ini kembali mengingatkan kita untuk selalu waspada dari berbagai tindak kejahatan, salah satunya perampokan sekaligus penyanderaan. Untuk mengantisipasi tindak kejahatan tersebut, Anda perlu meningkatkan keamanan dari hunian Anda.

Berikut ini, empat tips yang perlu diketahui oleh Anda mengenai menjaga rumah tetap aman dari tindak kejahatan perampokan. Simak baik-baik tips di bawah ini.

Tidak ada tempat bersembunyi

Titik awal perampok masuk ke rumaha adalah dari halaman depan atau belakang. Di bagian ini, Anda sudah mulai melakukan pencegahan agar perampok tidak bisa masuk ke dalam rumah. Caranya, jangan sediakan ruang bagi perampok untuk bersembunyi. Jangan ada semak-semak tinggi dan pohon besar. Halaman yang relatif terbuka, membuat perampok berpikir untuk pergi.

Pastikan pintu dan jendela sudah terkunci

Malam hari, suasana yang sepi dan gelap seringkali dimanfaatkan oleh perampok untuk menerobos masuk ke dalam rumah. Sebelum pergi tidur, cek dulu seluruh pintu dan jendela rumah. Pastikan semua sudah terkunci dengan aman. Anda mungkin bisa menggunakan kunci gerendel atau deadbolt lock pada pintu untuk mempersulit pekerjaan perampok masuk ke dalam rumah.

Gunakan tirai

Selain sebagai dekorasi ruang, tirai jendela juga memiliki peran yang sangat penting. Gunakan pelindung baik itu tirai atau penutup jendela lainnya untuk menjaga barang-barang dalam rumah terlihat dari luar. Perampokan adalah tindak kejahatan yang dimulai karena sang pelaku melihat adanya kesempatan.

Memasang sistem keamanan

Ini mungkin membutuhkan biaya lebih, namun ini sangat berguna untuk menjaga rumah Anda aman dari berbagai tindak kejahatan. Pasanglah CCTV di beberapa sudut rumah, alarm, dan instal sensor gerak. Alat-alat canggih ini sangat membantu menjaga rumah Anda dari perampokan seperti yang menimpa kelurga Asep Sulaiman di Pondok Indah.

Jaga rumah dan keluarga Anda dari berbagai tindak kejahatan dengan 4 tips di atas.

Sumber: dari berbagai sumber

Foto: windowenhancementsllc.com

Baca juga:

Tips Mudah Memasang CCTV

Perhatikan 5 Hal Ini di Rumah Sebelum Berpergian

Layout Rumah Juga Bisa Mempengaruhi Keamanan Rumah

Penyebab Kebakaran yang Tidak Disadari

Jangan Sampai Korslet Listrik Menimbulkan Kebakaran! Yuk, Dicermati

Editor : Sabrina Alisa