Lakukan Tiga Trik Ini Untuk Membuat Material Semen Ekspos Terlihat Menarik

Rabu, 20 September 2023 | 12:52
Sabrina Alisa

Lakukan Tiga Trik Ini Untuk Membuat Material Semen Ekspos Terlihat Menarik

iDEAonline.co.id - Mengaplikasikan semen ekspos di dinding hunian, bisa telihat lebih menarik dengan tiga trik yang sudah tim iDEA siapkan. Material semen ekspos semakin populer dikalangan publik. Cobalah lihat restoran, kafe, salon dan bahkan rumah dengan gaya kontemporer masa ini. Dinding, lantai dan langit-langit sebagian besar dilapisi oleh material unfinished seperti semen ekspos.

Kata unfinished sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar material belum selesai. Karena jika diperhartikan lebih detail, bidang yang unfinished ini telah diberi sentuhan akhir berupa pelapis atau cairan khusus (coating), yang membuatnya tahan lama dan mudah dibersihkan.

Dinding, lantai atau langit-langit yang dibuat dengan semen ekspos ini akan terlihat cantik jika Anda menggunakan teknik dan dekorasi yang tepat. Inilah tiga trik yang perlu Anda simak untuk membuat material semen ekspos terlihat lebih menarik.

1. Teknik finishing yang tepat

Ada tiga teknik finishing yang dapat Anda gunakan yaitu engineering seamless concrete, concrete faux techniques, dan techniques polished concrete. Teknik yang terakhir (polished concrete) adalah teknik unfinished yang paling terkenal. Karena membuat tektur dan warna tampak lembut, halus dan mudah dikombinasikan dengan gaya interior lainnya.

2. Menambah warna sebagai dekorasi

Selain teknik, dekorasi sama pentingnya. Material semen ekspos akan tampak menonjok jika dikombinasikan dengan warna dan aksesoris penunjang lainnya. Misalnya untuk warna, karena warna dari material semen ekspos adalah abu-abu, maka campur dengan warna terang seperti kuning dan merah. Warna ini didapat dari elemen interior lain seperti cermin, bingkai foto, amatur lampu atau dengan finishing furnitur. Namun, cobalah menggunakan warna terang yang tidak terlalu berlebihan sehingga warna dari konsep gaya industrialnya yakni abu-abu (semen), hitam (besi), dan coklat (kayu) masih mendominasi ruangan.

3. Alternatif penggunaan semen ekspos

Agar lebih tahan lama terhadap kondisi kelembapan dan cuaca ekstrim, aplikasi semen ekspos juga harus diberikan paparan coating. Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus untuk dinding dan lantai. Dinding semen ekspos sebagai accent wall pada salah satu sisi ruangan juga merupakan alternatif yang menarik. Penggunaan parket kayu di lantai, juga cocok dikombinasikan dengan dinding semen ekspos.

Tidak sulit kan untuk membuat material semen ekspos di rumah tampak lebih menarik? Selamat bereksperimen.

Tag :

Editor : Sabrina Alisa