Bersihkan Kulkas dengan Cuka

Kamis, 13 Oktober 2016 | 04:00
idea

Bersihkan Kulkas Dengan Cuka

iDEAonline.co.id - Kulkas memang alat yang paling sering digunakan, tapi seringkali kita mengabaikan kebersihan alat ini. Mulai dari makanan, minuman, sampai bahan- bahan dapur tersimpan rapat dikulkas. Kalau alat ini sudah menyimpan segala macam, yuk luangkan waktu untuk membersihkannya.Cek cara membersihkan kulkas menggunakan cuka, agar kulkas mu tetap awet!

Alat dan Bahan:

1. Air yang dicampurkan cuka.

2. Sikat gigi.

3. Lap (sebaiknya jangan yang berbahan polyester.)

4. Keset.

Cara pengerjaan:

1. Isi kulkas harus dikosongkan. Keluarkan terlebih dahulu bahan makanan yang ada di dalam kulkas. Simpan di tempat penyimpanan sementara yang bersih.

2. Lakukan proses pencairan es. Sebelumnya, siapkan gulungan kain majun dan keset. Letakkan di sisi kulkas. Bila perlu, siapkan ember.

3. Agar proses membersihkan berlangsung aman, cabut aliran listrik pada kulkas. Untuk membersihkan bunga es yang tersisa, bukalah pintu kulkas sampai esnya mencair.

4. Setelah kering, keluarkan semua rak dalam kulkas. Pisahkan, lalu cuci dengan sabun cair. Setelah bersih keringkan. Lebih baik jemur di tempat yang kena sinar matahari.

5. Seka bagian dalam kulkas dengan lap yang telah dicelup dengan larutan cuka. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan bau di dalam kulkas.

6. Tunggu sampai bagian dalam kulkas kering. Bersihkan rak kulkas dengan menggunakan sikat gigi.

7. Sementara itu, siapkan bahan yang akan kembali dimasukkan. Atur cara penyimpanan sehingga mudah menjangkau bahan makanan yang paling sering dikonsumsi. Tempatkan bahan berukuran besar di bagian belakang.

8. Tempatkan bahan yang mudah membusuk (daging, ikan) pada area terdingin. Bahan bumbu, saus, kecap, dapat disimpan dalam rak pintu kulkas.

Foto: nocamels

Editor : Maulina Kadiranti