Tak Sia-Sia, Rumah Bersih dan Rapi Memberikan 8 Manfaat Kesehatan

Kamis, 20 Oktober 2016 | 09:00
idea

Tak Sia Sia Rumah Bersih dan Rapi Memberikan 8 Manfaat Kesehatan

iDEAonline.co.id - Sedikitnya, ada 8 manfaat kesehatan yang akan didapat ketika rumah bersih dan rapi. Menjaga kondisi fisik selalu sehat sebenarnya bukan perkara sulit. Semuanya dimulai dari yang terdekat, yaitu tempat tinggal. Mengapa? Karena rumah yang bersih dan rapi ternyata mampu memberikan 8 manfaat kesehatan.

Namun, kebanyakan orang merasa malas untuk membersihkan rumah. Karena mereka merasa toh nantinya rumah akan berantakan lagi. Jangan berpikir seperti itu. Tahukah Anda, rumah yang berantakan itu tidaklah sehat karena di sinilah sumber segala penyakit.

Lain hal dengan rumah yang selalu bersih rapi. Kesehatan pasti didapat di rumah dengan kondisi tersebut. Inilah 8 manfaat kesehatan yang akan Anda dapatkan di rumah yang bersih dan rapi.

Terasa lebih baik

Dipercaya, barang-barang di rumah yang terorganisir dengan baik dan seluruh ruang dalam hunian tampak bersih, dapat membuat seseorang merasa lebih baik. Untuk itu, weekend ini mulailah bersihkan dan rapikan hunian Anda.

Lebih produktif dan bebas stres

Percayalah, keadaan rumah yang bersih dan rapi membuat seseorang merasa produktif di tempat kerja. Karena pikiran mereka dapat fokus dan tidak terganggu dengan keadaan rumah yang belum bersih.

Menjaga alergi tidak kambuh

Membersihkan rumah secara teratur membantu menghilangkan debu dan membuat alergi tidak kambuh. Debu dapat mengiritasi hidung, tenggorokan, menyebabkan asma, hidung tersumbat, dan kemerahan pada mata.

Baik untuk mental

Lingkungan yang bersih dan rapi membantu kita tenang dan lebih fokus, sehingga baik untuk kesehatan mental. Membersihkan rumah dapat membantu mencegah depresi.

Mengurangi risiko cedera

Dari kabel listrik yang berantakan hingga pakaian kotor, rumah berantakan membuat kita mudah tersandung dan jatuh. Menjaga rumah bersih dan rapi tidak hanya membuat sehat tapi juga membuat rumah lebih baik untuk ditinggali.

Agar kita lebih kreatif

Ketika kita tidak lagi khawatir tentang pakaian kotor atau tugas-tugas lain, maka pikiran kita bebas untuk fokus pada hal-hal yang lain yang membuat kita tertarik. Kita bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menemukan kembali sisi kreatif kita yang tersembunyi.

Memungkinkan untuk bersantai

Bila kita kembali ke rumah lalu melihat rumah yang rapi dan bersih maka kita akan tersenyum dan tiba di rumah tanpa stres. Setelah pekerjaan seharian di kantor, yang kita perlukan adalah bersantai. Kita hanya bisa melakukan hal itu jika rumah sudah bersih dan terorganisir.

Latihan fisik

Membersihkan rumah membantu membakar kalori. Memasak, menyapu, dan mengepel dapat menjadi latihan untuk badan yang sehat dan bugar.

Nah, terlihat jelas bukan manfaat kesehatan dari memiliki rumah yang bersih dan rapi?

Editor : Sabrina Alisa