Warna Bisa Membuat Ruang Sempit Terasa Luas, Lho! Ini Caranya!

Senin, 06 Februari 2017 | 03:58
Fransisca Wungu

Warna Bisa Membuat Ruang Sempit Terasa Luas Lho! Ini Caranya

iDEAonline.co.id - Anda mungkin pernah memiliki masalah dengan kondisi interior yang tak ideal. Ruang belajar yang terlalu kecil, atau kamar berplafon rendah, misalnya. Kondisi ini memberi pengaruh psikologis kepada pengguna ruang. Ruang pun bisa menjadi tak nyaman karena ukurannya itu.

Untuk mengubah efek psikologis ruang, coba ganti warna cat dindingnya. Pemilihan warna yang tepat akan menghadirkan suasana baru yang mungkin lebih baik. Ini caranya!

Membuat Ruang Sempit Terasa Lebih Luas

Mengecat warna terang pada dinding akan membuat ruang sempit terasa lebih luas. Warna terang membuat jarak antardinding terlihat lebih jauh dari yang sesungguhnya. Putih adalah pilihan terbaik untuk ini. Efek yang mendekati bisa didapat dengan menggunakan warna biru muda atau biru pucat. Akan lebih optimal lagi jika penggunaan warna terang dikombinasikan dengan jendela besar untuk memasukkan cahaya alami. Kesan sempit dan pengap akan jauh berkurang.

Membuat Ruang Terasa Lebih Kecil dan Hangat

Warna gelap dapat membuat ruang yang luas terasa lebih kecil. Anda bisa membangun suasana ruang yang lebih intim, cozy , dan hangat dengan warna ini. Mengecat dinding dengan warna gelap akan membuat jarak antardinding terkesan lebih dekat dari yang sebenarnya. Anda bisa menggunakan warna merah terang, merah marun, atau cokelat.

Memanipulasi Tinggi Ruang

Warna juga dapat membuat langit-langit sebuah ruang terlihat lebih pendek atau lebih tinggi. Ruang akan terkesan lebih tinggi jika plafon diberi warna yang lebih muda dari warna dinding. Trik ini cocok untuk ruang berplafon rendah seperti unit apartemen. Memadukan permainan warna ini dengan furnitur pendek semakin memberi kesan ruang lebih tinggi. Kesan sebaliknya bisa Anda peroleh dengan memberi warna yang lebih gelap pada plafon.

Semoga, dengan menerapkan warna yang benar, kesan ruang yang Anda inginkan terwujud. Karena cukup dengan warna, Anda dapat membuat ruang sempit terasa lebih luas!

Foto: Richard Salampessy

Properti: The Lana Apartemen, Alam Sutera, Tangerang

Editor : Fransisca Wungu