Berkembang Sesuai Kemajuan Teknologi dan Kebutuhan

Selasa, 08 Desember 2009 | 05:19
Rasantika M. Seta

Berkembang Sesuai Kemajuan Teknologi dan Kebutuhan

Dalam menelurkan produk baru, produsen home appliances rata-rata melakukan survei pasar untuk mengetahui produk-produk yang dibutuhkan masyarakat. Kategori kitchenware (peralatan dapur) misalnya, ada yang desainnya disesuaikan dengan gaya hidup dan pola hidup di suatu kawasan.

Sebagai salah satu produsen kitchenware, Electrolux mengaku mendesain produk terbaru berdasar hasil survei tadi. Perhatian Electrolux akan kebutuhan masyarakat setempat begitu besar. Asia menjadi salah satu incaran perusahaan yang berbasis di Swedia ini. Produk yang disesuaikan dengan karakter orang Asia ini, antara lain kulkas, kompor, cookerhood, dan oven.

Selain disesuaikan dengan kebutuhan, setiap kategori home appliances berkembang selaras dengan perkembangan teknologi. Televisi, misalnya, dengan adanya perkembangan teknologi, desainnya pun berkembang dari yang gemuk menjadi ramping, hingga super slim. Layarnya pun berubah dari tabung ke liquid cristal display (LCD) dan plasma. Kualitasnya semakin tinggi karena televisi-televisi terbaru juga dilengkapi dengan teknologi gambar dan audio yang tercanggih. Gambar semakin halus dan "hidup", suara pun bahkan lebih merdu dari aslinya.

Aplikasi teknologi yang semakin canggih juga terlihat pada peralatan kebersihan dan pendingin ruang. Mesin cuci, selain menjalankan fungsi sebagai pencuci pakaian dan bahan tekstil lain, juga bertugas membasmi jasad renik yang merugikan. Konsumsi air tak banyak. Beberapa tipe telah dilengkapi dengan dryer atau pengering yang bisa membuat pakaian dan tekstil kering 100%. Hasil cucian pun semakin bersih dan tak kusut.

Foto: iDEAOnline/Rasantika M. Seta

Properti: LGE Indonesia

Editor : Rasantika M. Seta