Vida Bekasi: Kawasan Hunian Terpadu dengan Gaya Hidup Hijau Berkelanjutan

Senin, 28 Oktober 2013 | 03:45
Richardus Setia Gunawan

Vida Bekasi Kawasan Hunian Terpadu dengan Gaya Hidup Hijau Berkelanjutan

Vida Bekasi hadir sebagai jawaban terhadap semakin berkurangnya kualitas hidup masyarakat di perkotaan. Sebut saja isu pemanasan global yang telah menjadi problem bagi seluruh masyarakat dunia, belum lagi persoalan hubungan sosial antar masyarakat di perkotaan yang semakin individualistis dan melupakan makna "kebersamaan". Melihat kualitas hidup yang buruk tersebut, Gunas Land sebagai salah satu pengembang properti yang peduli dan menyadari pentingnya gaya hidup hijau dan kehidupan sosial yang baik, menghadirkanVida Bekasi, sebuah kawasan terpadu dengan konsep Green Living dan berwawasan budaya lokal Indonesia.

Dengan komitmen meningkatkan standar kualitas pembangunan properti di Indonesia, Gunas Land melakukan investasi yang cukup besar demi terwujudnya sebuah kawasan hunian terpadu seluas 40 hektar di pusat kota Bekasi. Meski berorientasi pada gaya hidup hijau, pengembanganVida Bekasitidak akan menghilangkan unsur modern. Gunas Land akan mengintegrasikan fungsi komersial, residensial, rekreasi, fasilitas pendidikan dengan ruang terbuka hijau sehingga memberikan sensasi kenyamanan dan kemudahan hidup di kota modern tanpa meninggalkan unsur keseimbangan alam.

Vida Bekasi diprediksi akan menjadi kawasan yang memiliki nilai investasi tinggi. Menurut pakar sekaligus direktur eksekutif dari Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, Vida Bekasiberada di titik pertemuan antara dua pusat pertumbuhan di Timur Jakarta, yaitu Cibubur dan Bekasi Barat. Saat ini dua kawasan tersebut berada pada tingkat pertumbuhan maksimal, sehingga secara alami pertumbuhan akan melebar dan bertemu di kawasanVida Bekasi.

Master PlanVida Bekasidirancang oleh Andra Matin, salah seorang arsitek kelas dunia yang sangat mengedepankan orisinalitas dan kreatifitas. Baginya, sebuah hunian ideal adalah hunian yang dapat memaksimalkan fungsi alamiah, seperti sinar matahari, udara, dan rimbunan pepohonan. Hal ini terlihat dalam setiap karyanya seperti Conrad Chapel di Bali, komplek hunian Tanah Teduh, maupun Gedung Dua8 dengan ciri khas masing-masing.

Dalam pengembangan kawasan hunian terpaduVida Bekasi, Andra Matin mengusung tema Tropical Urbanism sebagai Masterplan yang memadukan konsep gaya hidup hijau dengan nilai-nilai seni budaya lokal. Adanya berbagai fasilitas yang tersedia, Andra Matin percaya bahwaVida Bekasiakan menjadi landmarkdimulainya era gaya hidup baru yang hijau yang berwawasan seni budaya lokal.

Foto: Istimewa

Editor : Richardus Setia Gunawan