Rumah Pintar Honda yang Hemat Energi.

Jumat, 11 April 2014 | 04:30
Devi F. Yuliwardhani

Rumah Pintar Honda yang Hemat Energi

iDEAonline.co.id -Honda, meluncurkan Honda Smart Home atau bisa kita sebut dengan Rumah Pintar Hondadi Amerika Serikat. Rumah Pintarini merupakan perumahan dengan konsep nol energi untuk tempat tinggal dan transportasi.

Rumah Pintar Hondaini terletak di Kampus Davis, Universitas California, Rumah dirancang agar mampu mengasihkan sendiri energi yang dibutuhkan untuk hidup, serta penggunaan air yang tiga kali lebih efisien dibandingkan dengan perumahan lainnya di Amerika.

Rumah Pintarini berfungsi layaknya 'labolatorium kehidupan', dimana peneliti dari UC DAvis dan Pasific Gas and Electri (PG&E) , akan terus mengevaluasi teknologi baru, berkaitan dengan rumah, transporasi, energi dan lingkungan.

Steve Center, Vice President of the Environmental Business Development Office of American Honda Motor Co. Inc. mengungkapakan bahwa Rumah Pintar Hondaini dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pengunaan sumber-sumber primer. Tujuan utamanya adalah memberikan kontribusi dalam mengatasi emisi CO2.

Pada garasi Rumah Pintar Hondaini dipasang sistem penyimpanan energi yang mampu menyimpan hingga kapasitas 10kWh. Sehingga energi sinar matahari yang didapat pada siang hari, dapat digunakan pada waktu malam.

Selain itu, tersedia juga 9.5 KW atap dengan sistem solar photovoltaicyang digunakan untuk menghasilkan energi untuk: pengahat ruangan, pendingin, ventilasi, pencahayaan, air panas, dan peralatan lainnya.

Pada Rumah Pintar Hondadisediakan juga Honda Fit EV yang sudah dimodifikasi untuk langsung menerima daya DC dari solar panel yang ada di dalam rumah. Pada saat matahari bersinar terik, jika kapasitas litrik yang dihasilkan oleh panel surya sudah penuh, maka Anda hanya membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk membuat mengisi penuh daya pada kendaraan beroda empat ini.

Rumah Pintar Hondajuga didesain untuk menyesuaikan pendingin dan pemanas ruangan secara otomotis, sesuai dengan keadaan cuaca pada saat itu.

Proyek ini dirancang oleh Energy Efficncy Strategic Plan, California, dengan harapan di 2020 nanti, semua rumah baru di Amerika, hadir dengan sistem seperti ini.

Sumber : thenewage.co.za

Foto : buckeyehonda.files.wordpress.com, csr.honda.com.

Editor : Devi F. Yuliwardhani