Inilah Wajah Baru Markas Liverpool

Senin, 28 April 2014 | 06:10
Maulina Kadiranti

Inilah Wajah Baru Markas Liverpool

iDEAonline.co.id - Kabar gembira buat Liverpooldan penggemarnya di seantero jagat raya. Klub sepak bola anggota Liga Primer Inggris berjulukThe Redsinitelahmerilis gambar desain stadion Anfield, markas Liverpool.

Markas Liverpool tersebut mengalami perluasan dengan penambahan sejumlah 8.250 tempat duduk ekstra pada stan utama dari sebelumnya berkapasitas 53.250 tempat duduk. Penambahan kursi ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan klub.

Dalam rancangan baru karya KSS Architects, beberapaspotmengalami perubahan. Selain penambahan kapasitas kursi di stan utama, juga perluasan stan kedua sebanyak 4.825 kursi, dan sebuah bangunan memorial baru "96th Avenue" menjadi fitur tambahan untuk memperingati tragedi Hillsborough.

Tragedi Hillsborough terjadi pada 15 April 1989, dipicu aksi berdesakkan antarpenonton saat laga antara Liverpool dan Sheffield Wednesday. Tragedi ini menelan korban jiwa sebanyak 96 orang meninggal yang seluruhnya merupakan penggemarThe Reds.Jumlah korban meninggal tersebut tercatat sebagai yang tertinggi dalam sejarah sepak bola Inggris Raya.

Pembangunan stadion Anfield yang baru ini menelan biaya konstruksi senilai 100 juta poundsterling atau ekuivalen dengan Rp 1,9 triliun. Adapun pembangunan konstruksi tahap pertama akan dimulai pada Mei 2014 mendatang, segera setelah kesepakatan antara Liverpool dan kontraktor ditandatangani.

KSS Architects sendiri pernah terlibat dalam pengerjaan sejumlah proyek besar lainnya, termasuk Stamford Bridge milik klub flamboyan Chelsea, Twickenham, dan Etihad Arena.

Sementara itu, Liverpoolsaat iniberada dipuncakLiga Primer Inggrisdanmerupakan favorituntuk memenangkan gelarliga pertama merekasejak tahun 1990.

Sumber: properti.kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti